Pertagas Penuhi Pasokan Gas Sumut pada November

Selasa, 12 Agustus 2014 - 15:53 WIB
Pertagas Penuhi Pasokan Gas Sumut pada November
Pertagas Penuhi Pasokan Gas Sumut pada November
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Gas (Pertagas) berkomitmen pada November 2014, Sumatera Utara (Sumut) tidak lagi kekurangan gas seiring selesainya pembangunan pipa gas Arun-Belawan sepanjang 370 kilometer (km).

Direktur Utama PT PT Pertamina Gas (Pertagas) Hendra Jaya menuturkan, pembangunan pipa gas selesai Oktober 2014. Adapun saat ini, pembangunannya sudah rampung 92%.

"Progress sudah 92% dan target penerimaan gas awal November," ujar Hendra di Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Menurutnya, jika pipa gas tersebut selesai dibangun, tahap uji coba Pertagas akan memanfaatkan sisa gas (tailing gas) dari ExxonMobil. Rencananya, pemanfaatan gas tersebut akan digunakan oleh PT PLN (persero) dan industri.

Sedangkan untuk tailing gas dari ExxonMobil sendiri, diketahui saat ini mencapai 100 mmscfd dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan di wilayah Sumatera bagian Utara, seperti di Aceh dan Sumatra Utara. Target utama proyek ini adalah Industri Medan (KIM) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

"Jika disepakati dengan ExxonMobil, maka pada Oktober akan ada gas yang mengalir ke pipa senilai USD570 juta," tuturnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8047 seconds (0.1#10.140)