Pelabuhan Laut Dalam Tanjung Api-api Dipercepat

Rabu, 13 Agustus 2014 - 10:40 WIB
Pelabuhan Laut Dalam Tanjung Api-api Dipercepat
Pelabuhan Laut Dalam Tanjung Api-api Dipercepat
A A A
PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan rapat pembahasan naskah kesepakatan bersama tentang pengembangan Pelabuhan Laut Dalam (Deep Sea Port) Tanjung Api-api dan sekitar di Sumsel, Kemarin.

Kadishubkominfo Provinsi Sumsel Musni Wijaya mengatakan, rapat ini membahas kerja sama Pemprov Sumsel dengan PT Pelindo II dalam rangka mendukung Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-api (KEK TAA).

Menurutnya, direncanakan akan dibuat Pelabuhan Laut Dalam Tanjung Api-api. Untuk itu dilakukan pembahasan draft MoU.

"Kita rencanakan akan membuat Pelabuhan Laut Dalam Tanjung Api-api di sana. Ini kita sedang bahas draft MoU-nya yang akan dikerjasamakan di sana," terangnya.

Dia menjelaskan, saat ini Sumsel telah memiliki pengelolaan alur sungai musi untuk mengangkut batu bara. Menurutnya, pelabuhan yang akan dibangun ini arahnya untuk mengakomodir batu bara yang dibawa ke ambang luar karena disanalah diperlukan terminalnya.

Dalam rapat ini baru membahas payung hukumnya secara umum terlebih dahulu. Yaitu Pemprov Sumsel dengan Pelindo II sepakat melakukan MoU. Diupayakan secepatnya MoU ini ditandatangani.

Setelah MOU disepakati dan ditandatangani, Pemprov Sumsel bersama Pelindo akan membentuk tim untuk mengkaji pembangunan Pelabuhan Laut Tanjung Carat, untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api. Tim ini yang akan mengkaji pembangunan pelabuhan tersebut.

Turunan dari MoU ini, akan dipersiapkan seasibilty study-nya, kemudian mempersiapkan rencana untuk pelabuhan termasuk hitung-hitungan angkanya. Paling penting secepatnya, karena harus cepat gerakannya dalam rangka mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-spi.

"Dalam rapat ini baru membahas payungnya secara umum terlebih dahulu. Sementara, MoU-nya tinggal beberapa revisi dan ini akan kita laporkan kepada Gubernur. Setelah itu kesediaan waktu Pak Gubernur dengan Direktur Utama Pelindo untuk melaksanakan MoU," ungkapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3371 seconds (0.1#10.140)