Pelabuhan Internasional Patimban Dijadwalkan Akan Diresmikan Jokowi Hari Ini

Minggu, 20 Desember 2020 - 11:38 WIB
loading...
Pelabuhan Internasional Patimban Dijadwalkan Akan Diresmikan Jokowi Hari Ini
Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat, akan diresmikan Presiden Jokowi pada Minggu (20/12/2020) hari ini. Soft launching tersebut sekaligus dilakukan pengoperasian secara perdana. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pelabuhan Internasional Patimban , Subang, Jawa Barat, akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (20/12/2020) hari ini. Soft launching tersebut sekaligus dilakukan pengoperasian secara perdana.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, juga dijadwalkan memberikan sambutannya dalam pegoperasian perdana pelabuhan internasional Patimban tersebut.

"Kami sampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menghadiri acara soft launching Pelabuhan Patimban," demikian isi undangan Kementerian Perhubungan yang diterima MNC News Portal, pada Sabtu malam.

(Baca Juga: Sebelum Diresmikan Jokowi, Menhub Tes Pelabuhan Patimban )

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan persiapan akhir guna memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan baik. "Pembangunan car terminal Pelabuhan Internasional Patimban telah selesai dan siap dioperasikan secara terbatas," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo dalam keterangannya.

Agus menjelaskan, bersamaan dengan kegiatan soft launching dan pengoperasian Patimban, akan dilaksanakan ekspor perdana kendaraan dari berupa kendaraan mobil berjumlah 140 unit dengan menggunakan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

“Saat ini Kapal MV Suzuka Express telah sandar di Pelabuhan Patimban yang dikawal langsung oleh 2 Kapal Patroli milik KPLP, yaitu KN Alugara dan KN Celurit saat masuk alur laut Pelabuhan Patimban,” kata dia.

(Baca Juga: Wih Keren! Pelabuhan Patimban Bakal Dikerubuti Mal & Hotel )

Sebagai informasi, Kapal MV. Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

Agus berharap dengan kehadiran Pelabuhan Patimban akan semakin menghidupkan dan menggeliatkan aktivitas ekonomi nasional pada umumnya, serta bagi masyarakat di sekitar pada khususnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)