BNI Kelola Dana Semen Indonesia Group‬

Kamis, 28 Agustus 2014 - 14:08 WIB
BNI Kelola Dana Semen Indonesia Group‬
BNI Kelola Dana Semen Indonesia Group‬
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengelola dana yang berputar di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Semen Indonesia Group secara terpadu.

Adapun yang dikelola mulai dari pembayaran pajak secara elektronik (e-tax), aliran pembayaran (cash out) dan penerimaan (cash in), host to host untuk SCF (pembayaran ke supplier dan penerimaan dari distributor semen, hingga payroll (pengelolaan dan pembayaran gaji) karyawan Semen Indonesia Group.

Layanan BNI tersebut semakin dilengkapi dengan fasilitas terbaru yaitu Cash Pooling yang diperkirakan akan mengelola dana Semen Indonesia Group sebesar Rp2 triliun.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, Semen Indonesia akan mulai melakukan implementasi salah satu program Cash Management untuk mengoptimalkan pengelolaan excess cash Grup melalui sistem Cash Pooling pada bulan September 2014.

Saat ini pengelolaan likuiditas yang meliputi pengelolaan modal kerja maupun excess cash masih dikelola oleh masing-masing Operating Company (Opco).

Diharapkan sistem Cash Pooling ini dapat meminimalkan biaya keuangan dan memaksimalkan return atas excess cash secara grup .

“Setidaknya ada tiga hal yang menjadi kewenangan Holding Company dengan diimplementasikannya sistem ini antara lain, fungsi merencanakan, mengatur, menetapkan, dan melakukan investasi strategis atas excess cash grup,” ujar dia di Balai Kartini, Kamis (28/8/2014).

Selain itu, memanfaatkan dan menempatkan excess cash grup pada Notional Pooling, Shareholder Loan, Intercompany Loan, serta lainnya. Yang terakhir Holding Company menetapkan counterparty dalam bekerja sama untuk implementasi Cash Pooling.

Dengan diberlakukannya sistem Cash Pooling ini, Opco akan lebih fokus pada pengelolaan dana operasional untuk modal kerja, termasuk mengelola likuiditas operasional dan investasi non strategis (jangka pendek).

Dwi Soetjipto juga menjamin bahwa pemberlakuan sistem ini tidak akan berpengaruh terhadap kepemilikan dana dan aset milik Opco karena secara legal dana dan aset tersebut masih dimiliki oleh Opco.

BNI sebagai partner keuangan, dengan Total Financial Solution Business Model, melihat nasabah bukan hanya dari kebutuhan keuangan saat ini saja, melainkan dengan strategis melihat ke kebutuhan depan.

Dengan demikian, BNI dapat memberikan solusi yang terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional Semen Indonesia Group dalam pengelolaan keuangan perusahaan secara efektif, efisien, dan terintegrasi.

“BNI dan Semen Indonesia Group sama-sama memiliki potensi yang besar, yang apabila disinergikan, dapat memberikan nilai tambah bagi semua pihak,” paparnya.

Menurutnya, dengan ditunjuknya BNI sebagai bank penyedia jasa layanan Cash Pooling bagi Semen Indonesia Group semakin membuktikan kemampunan BNI dalam menyediakan layanan perbankan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan nasabah.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7791 seconds (0.1#10.140)