Kebutuhan Avtur Naik 53% Selama Musim Haji

Kamis, 04 September 2014 - 16:38 WIB
Kebutuhan Avtur Naik 53% Selama Musim Haji
Kebutuhan Avtur Naik 53% Selama Musim Haji
A A A
SEMARANG - Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) IV menyiapkan tambahan alokasi avtur khusus penerbangan haji sebesar 6.696 kiloliter KL untuk kloter I dan II di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Sumarmo, Solo.

GM Marketing Operation Reg IV Subagjo Hari Moeljanto mengatakan, secara total Pertamina menyiapkan 9.696 KL avtur untuk kebutuhan seluruh pesawat udara yang ada di Bandara Adi Sumarmo selama musim haji 2014.

Dia menjelaskan, dengan jumlah kloter yang diberangkatkan sebanyak 71 kloter atau jumlah yang sama pada tahun lalu, tambahan alokasi avtur selama musim haji tahun ini meningkat 7% dibandingkan 2013 sebesar 6.225 KL.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan keamanan pasokan bagi penerbangan haji 2014 di Bandara Adi Sumarmo," katanya, Kamis (4/9/2014).

Pertamina berkomitmen untuk memastikan kelancaran dan ketersediaan pasokan avtur selama musim haji 2014. Untuk itu tambahan alokasi lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pihak-pihak yang melayani para jamaah haji dalam menjalankan ibadah haji tahun ini.

Dia menjelaskan, rata-rata normal penyaluran avtur per bulan di Bandara Adi Sumarmo sebesar 1.500 KL, sehingga konsumsi avtur secara keseluruhan penerbangan pada musim haji 2014 diperkirakan meningkat 53% dari rata-rata normal.

Asisten Manager External Relation PT Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Roberth MV Dumatubun menambahkan, Pertamina tidak hanya menjamin ketersediaan pasokan Avtur di Bandara Adi Sumarmo, namun juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan pengisian avtur dapat berjalan tepat waktu.

Pasalnya, ketepatan waktu sangat berpengaruh pada jadwal keberangkatan pesawat, baik yang reguler maupun khusus untuk angkutan haji.

"Selama musim haji, kami beroperasi selama 24 jam, dengan pembentukan empat regu (3 shift). Masing-masing shift beranggotakan lima orang pada phase I (keberangkatan haji) dan enam orang pada phase II (pemulangan haji)," katanya.

Selain itu, sambung Robert, pihaknya juga menambah jumlah crew operator refueling (CRO) sebanyak 13 orang, untuk kelancaran beroperasi selama 24 jam, menambah jumlah refueller selama pelaksanaan haji sebanyak satu unit kapasitas 12 KL dan 1 unit kapasitas 16 KL.

Pihaknya juga menyiapkan tambahan bridger (mobil tangki pengangkut avtur) dari terminal BBM Rewulu ke DPPU Adi Sumarmo dari total empat bridger menjadi 11 bridger dengan kapasitas 272 KL.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5976 seconds (0.1#10.140)