Apindo: Menteri Bidang Perekonomian Rentan Disalahgunakan

Selasa, 16 September 2014 - 17:02 WIB
Apindo: Menteri Bidang Perekonomian Rentan Disalahgunakan
Apindo: Menteri Bidang Perekonomian Rentan Disalahgunakan
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi mengungkapkan, kementerian yang paling rentan disalahgunakan adalah bidang perekonomian.

Dia mengimbau agar menteri yang membidangi perekonomian di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) nanti, berasal dari kalangan profesional.

"Di sini saya melihat, yang paling penting menteri-menteri ekonomi saat pemilu nanti enggak dipakai untuk kepentingan enggak benar. Itu saja," tegasnya di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Sofjan mencontohkan, saat Kementerian Pertanian (Kementan) dipimpin orang partai politik di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) salah.

"Sekarang kita ambil contoh, dengan Kementerian Pertanian. Itu dipegang salah satu partai, rusak semua," ujarnya.

Karena itu, dia berharap Jokowi memilih menteri pertanian dari kalangan profesional dan harus melakukan perubahan.

Untuk Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian, Sofjan mengakui tidak masalah jika dipilih dari kalangan parpol.

"Karena kan di situ bukan uang langsung. Hanya kebijakan," Kata Sofjan.

Terlepas dari sosok kalangan parpol maupun profesional, pihaknya berharap siapa pun menteri yang akan ditunjuk Jokowi-JK harus mampu bekerja di dalam satu tim.

"Tentunya juga bertanggung jawab. Kalangan profesional juga ada yang dari partai politik. Tujuan utamanya mencegah dari hal-hal yang enggak diinginkan, bukan menuduh," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8282 seconds (0.1#10.140)