BI: PKH Merupakan Peran Nyata Pemerintah

Rabu, 08 Oktober 2014 - 14:34 WIB
BI: PKH Merupakan Peran Nyata Pemerintah
BI: PKH Merupakan Peran Nyata Pemerintah
A A A
JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengatakan, untuk penyaluran program bantuan kepada masyarakat tidak mampu lewat Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan peran nyata pemerintah untuk menyalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Ini program pemerintah yang sudah lama digaungkan dan kita patut bersyukur karena hari ini telah diadakan uji cobanya, semoga bisa membantu mereka yang tidak mampu," ujar Ronald di kawasan uji coba Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (8/10/2014).

Dalam satu tahun terakhir, lanjut dia, Bank Indonesia (BI) mencanangkan beberapa gerakan-gerakan nasional non tunai untuk mendorong masyarakat lebih banyak menggunakan alat pembayaran non tunai.

"Jadi kita mulai pada hari ini penyaluran PKH. Tentunya nantinya kami akan terus mendukung kementerian dan lembaga untuk penyaluran bantuan-bantuan dalam bentuk yang lainnya. Jadi perlu diketahui, banyak sekali program-program bantuan yang akan diberikan pemerintah untuk masyarakat," lanjutnya.

Untuk sasarannya sendiri, Ronal menambahkan, tergantung hasil dari pendataan yang dilakukan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"Mereka punya data yang isinya masyarakat kita yang butuh, patut menerima bantuan langsung tunai. Jadi atas dasar daftar nama yang ada di dalam database tersebut, bank-bank menyalurkannya langsung kepada orang-orang tersebut," ujarnya.

(Baca: Bank Mandiri Uji Coba Salurkan Dana Bantuan PKH di Koja)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0256 seconds (0.1#10.140)