BKPM Pede Kisruh Politik Tak Pengaruhi Investasi Asing

Kamis, 09 Oktober 2014 - 17:18 WIB
BKPM Pede Kisruh Politik Tak Pengaruhi Investasi Asing
BKPM Pede Kisruh Politik Tak Pengaruhi Investasi Asing
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengaku percaya diri (pede) bahwa kisruh politik ini tidak akan memengaruhi minat investor asing menanamkan modalnya di Indonesia.

Menurutnya, investor asing justru sedang menunggu kebijakan yang akan diambil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

‬"Sekarang persoalannya justru pemerintahan baru itu kebijakan apa dan efektifitas untuk menjalankannya," ujar Mahendra di Jakarta International Expo (JIExpo), Kamis (9/10/2014).

Dia menjelaskan, investor justru akan menanti langkah Jokowi untuk mendorong fundamental ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik.

‪"Dan bagaimana menyelesaikan masalah struktural seperti harga BBM, iklim tenaga kerja yang harus diperbarui dan seberapa efektif itu dilakukan. Nanti akan fokus ke sana tidak lagi isu terkait politik," jelasnya.

Mahendra meyakini bahwa investor telah menerima putusan sidang paripurna pemilihan pimpinan DPR dan MPR, sebagai suatu realitas politik yang harus dihadapi hingga lima tahun ke depan.

‪"Saya rasa persoalannya adalah apabila memang diawal hal itu tidak diperkirakan para pengusaha atau investor, maka akan memengaruhi sikap atau posisi mereka," tutur dia.

Dampak Signifikan justru akan dialami para investor portfolio di pasar keuangan. Sementara foreign direct investment (FDI) tak akan berpengaruh, karena mereka tidak melihat hal yang sifatnya sehari-hari.

‪"Tapi lebih kepada daya beli masyarakat, kelompok usaha masyarakat usia muda apakah berkelanjutan atau tidak. Itu ukuran jangka panjang," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7296 seconds (0.1#10.140)