Inflasi China September 2014 Melambat

Rabu, 15 Oktober 2014 - 10:36 WIB
Inflasi China September 2014 Melambat
Inflasi China September 2014 Melambat
A A A
BEIJING - Tingkat inflasi China melambat lebih dari yang diharapkan pada September 2014. Kondisi ini menambah kekhawatiran bahwa pertumbuhan global akan melambat.

Kecuali, jika pemerintah mengambil langkah-langkah berani untuk menopang perekonomian mereka.

Biro Statistik Nasional (NBS) China, Rabu (15/10/2014) mengatakan, Indeks Harga Konsumen (CPI) naik 1,6% dari September tahun sebelumnya. Hal ini hilang ekspektasi pasar untuk kenaikan 1,7% persen dan turun 2% dari Agustus.

CPI naik 0,5% pada September dari bulan sebelumnya, dibandingkan kenaikan 0,4% yang diperkirakan para ekonom.

Dengan inflasi di bawah target tahunan resmi 3,5%, pembuat kebijakan China akan memiliki ruang yang luas untuk mengumumkan langkah-langkah stimulus lebih lanjut.

Meskipun, analis mempertanyakan apakah Beijing akan terus menggelar langkah-langkah yang lebih sederhana atau jika perlu mengambil tindakan yang lebih agresif seperti pemotongan suku bunga untuk menangkis risiko deflasi.

"Mempermudah keuntungan pada harga non-makanan dan memburuknya PPI memberikan lebih banyak bukti dari melemahnya ekonomi, yang berarti lemahnya permintaan domestik dan over kapasitas yang lebih parah dari yang diharapkan," kata Li Huiyong, ekonom di Shenyin & Wanguo Efek di Shanghai seperti dikutip dari Reuters, J=Rabu (15/10/2014).

"Kami berharap para pembuat kebijakan akan mengambil langkah-langkah lebih untuk menstabilkan perekonomian. Kemungkinan penurunan suku bunga meningkat dalam beberapa bulan mendatang," imbuh dia.

Indeks harga produsen turun 1,8% secara berturut-turut dalam 31 bulan, dipengaruhi harga minyak dan baja yang lebih rendah karena permintaan yang melemah menahan kekuatan harga perusahaan.

Pasar telah memperkirakan indeks harga produsen mengalami penurunan 1,6% setelah menurun 1,2% pada Agustus.

Menanggapi goyahny permintaan di China, Baoshan Besi dan Baja, perusahaan baja terbesar kedua di negara itumengatakan akan memotong harga produk utamanya untuk pengiriman November.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5548 seconds (0.1#10.140)