Realisasi PBB Kendal Baru 47,79%

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 16:18 WIB
Realisasi PBB Kendal Baru 47,79%
Realisasi PBB Kendal Baru 47,79%
A A A
KENDAL - Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kendal mengungkapkan, realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga bulan ini baru mencapai Rp9.39 miliar atau 47,79% dari target tahun ini sebesar Rp16 miliar.

Kepala DPPKAD Kabupaten Kendal, Tavip Purnomo mengatakan, realisasi PBB mengalami peningkatan setelah pengelolaan dilakukan secara mandiri. Selain itu, seiring dengan rasa tanggung jawab semua stakeholder pelaksana PBB.

"Karena realisasi PBB bisa dimanfaat sendiri terutama untuk pembangunan. Sehingga ada spirit dari teman-teman camat untuk terus melakukan intensifikasi," ujarnya, Jumat (17/10/2014).

Menurutnya, saat ini sudah ada 25 desa dan kelurahan yang lunas PBB dan akan diberikan reward berupa uang. Sedangkan di kabupaten Kendal terdapat 285 desa/kelurahan.

"Bagi desa dan kelurahan yang PBB-nya memenuhi target atau bahkan melebihi akan kita berikan hadian untuk jerih payah mereka," kata dia.

Sementara, banyak upaya dilakukan di tingkatan camat untuk mendongkrak target PBB 2014, seperti Camat Patebon dengan mengajak komponen muspika Patebon terutama Kades dan perangkat untuk senam aerobik, menikmati hiburan dan sarapan tumpeng bersama di halaman Kecamatan Patebon.

"Kegiatan ini untuk menyatukan komponen muspika terutama kades dan perangkat harapanya dengam kebersamaan PBB bisa memenuhi target," jelas Camat Patebon Ahmadi.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran kades dan aparat desa untuk lebih giat menyelesaikan tugasnya terutama menarik PBB.

"Hingga saat ini, PBB di Kecamatan Patebon baru terealisasi 48% dari 75% yang ditentukan," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6243 seconds (0.1#10.140)