MNC Bank Dapat Tambahan Modal Rp3 T

Selasa, 28 Oktober 2014 - 12:14 WIB
MNC Bank Dapat Tambahan Modal Rp3 T
MNC Bank Dapat Tambahan Modal Rp3 T
A A A
JAKARTA - MNC Group berkomitmen menambah modal PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) sebesar Rp3 triliun secara bertahap. Melalui penguatan modal tersebut, MNC Bank ditargetkan masuk kategori bank umum kelompok usaha (BUKU) III pada 2018.

CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menjelaskan, penambahan modal tersebut untuk memenuhi kebutuhan penyaluran kredit dan pengembangan infrastruktur bank. Komitmen penguatan modal ini akan direalisasikan melalui penerbitan obligasi, penerbitan saham baru (rights issue ), dan penyuntikan dana.

Perseroan akan mengembangkan kemampuan teknologi investasi (TI) demi memperkuat e-banking . Selain pengembangan infrastruktur, penguatan juga dilakukan di sektor sumber daya manusia (SDM). “Rencananya akan ada penambahan modal Rp3 triliun sampai akhir 2018. Artinya aset akan tumbuh luar biasa. Kalau pemegang saham publik ingin melepas saham MNC Bank, kami akan ambil,” ungkap HT dalam jumpa pers di Jakarta kemarin.

Wakil Presiden MNC Bank Benny Purnomo menambahkan, peningkatan modal akan mendongkrak rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio /CAR) perseroan menjadi 18- 19% pada 2018 dari posisi 14,91% per September 2014. Sementara posisi rasio kecukupan modal sampai akhir tahun diproyeksikan mencapai level 15%. Mekanisme penambahan modal ini akan dilakukan secara bertahap yakni Rp500 miliar pada 2014 dan pada 2015 serta Rp1 triliun pada 2016 sampai 2018.

“Saat ini MNC melalui MNC Kapital sudah menyuntikkan modal sebesar Rp500 miliar. Berikutnya penambahan akan dilakukan bertahap setiap tahun,” kata Benny dalam kesempatan yang sama. Lebih lanjut HT mengatakan, pengembangan bisnis grup ke industri perbankan akan menjadi sinergi dengan kegiatan usaha di sektor properti dan media massa yang sudah menjadi fokus bisnis selama ini. Bisnis jasa keuangan akan bersinergi dengan bisnis media untuk iklan atau dengan TV berbayar yang kuat dalam basis data pelanggan.

Kerja sama juga akan dilakukan dalam pendanaan properti seperti kerja sama pembiayaan dengan MNC Land atau pinjaman sindikasi dengan bank asing. “Kehadiran MNC Bank akan melengkapi layanan di bidang keuangan dari MNC Group. Saat ini MNC Group sudah memiliki semua produk jasa keuangan terpadu seperti sekuritas, asuransi jiwa, asuransi kerugian, pembiayaan, dan asset management. Berikutnya kami siap tambah mengakuisisi perusahaan leasing,” paparnya.

HT menambahkan, integrasi ini juga diperlukan mengingat ke depan MNC Bank akan menyasar sektor konsumer dan ritel. Dengan begitu, menggabungkan bank dan bisnis media diyakini akan menguntungkan. Media mempunyai pengaruh yang kuat terhadap konsumen sehingga bagus untuk publikasi. Kredit konsumer melalui kartu kredit akan menjadi andalan.

Selain itu, di bidang pembiayaan juga akan menyasar sektor pembiayaan mobil bekas (multifinance) maupun perumahan (mortgage), serta bekerja sama dengan koperasi untuk pembiayaan anggota. Perseroan bahkan menargetkan kenaikan pendanaan (funding ) hingga 30% tahun depan dengan fokus pada tabungan dan giro.

Hafid fuad
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6893 seconds (0.1#10.140)