Bertemu Dubes Norwegia, Susi Curhat soal Masyarakat Pesisir

Selasa, 04 November 2014 - 11:54 WIB
Bertemu Dubes Norwegia, Susi Curhat soal Masyarakat Pesisir
Bertemu Dubes Norwegia, Susi Curhat soal Masyarakat Pesisir
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pagi ini menerima Duta Besar (Dubes) Norwegia untuk Indonesia, Stig Traavik di kantornya.

Dalam pertemuan selama hampir dua jam itu, Susi sempat curhat soal perbedaan budaya antara masyarakat pesisir utara dan pesisir selatan.

Dia mengaku bahwa ada yang salah dalam manajemen keuangan di masyarakat pesisir utara. Di sana, laki-laki lebih dominan dalam mengurus keuangan keluarga ketimbang perempuan.

Sementara, keadaan berbeda di pesisir selatan yang justru keuangannya lebih dominan dipegang perempuan.

Menurutnya, hal tersebut sangat memengaruhi kesejahteraan. Di mana, kesejahteraan masyarakat pesisir selatan lebih maju dari pesisir utara.

"Kita minta ada pelajaran asistensi masyarakat pantai utara. Kita ingin seperti pantai selatan di mana perempuan mengontrol ekonomi, jadi ibunya. Ekonomi keluarga dipegang wanita agar lebih sejahtera," jelas dia di Gedung KKP, Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Susi mengaku telah lama mengenal sosok Schanke. Hal ini lantaran, Susi yang dikenal kiprahnya sebagai pengusaha sukses sering menerima undangan seminar di kedutaan besar Norwegia.

"Ambassador Norwegia sering mengundang saya dalam acara disponsori Kedutaan Norwegia. Tema terakhir tentang wanita. Saya kenal secara pribadi dengan dia," terangnya.

Dalam Pertemuan tersebut, salah satu hal yang disepakati adalah pertukaran pelajar antara kedua negara.

Selain itu, pengusaha yang Dikenal nyentrik ini juga berharap agar Norwegia dapat memberikan asistensi kepada masyarakat pesisir utara.

"Kita ada rencana pertukaran pelajar Norwegia dan Indonesia. Pelajar Norwegia ke sini, pelajar Indonesia ke Norwegia," pungkas Susi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2109 seconds (0.1#10.140)