Kepri Banking Expo 2014 Siap Digelar

Rabu, 12 November 2014 - 18:12 WIB
Kepri Banking Expo 2014 Siap Digelar
Kepri Banking Expo 2014 Siap Digelar
A A A
BATAM - Kalangan perbankan di Kepri siap menggelar pameran perbankan Kepri Banking Expo 2014 setelah sempat vakum sejak 2008. Kepri Banking Expo akan dibuka secara resmi Sabtu dan digelar hingga Senin (15-17 November) di Kepri Mall.

Banking Expo 2014 diadakan oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kepri. Sebanyak 40 perbankan yang ada di Kepri akan berpartisipasi dengan memamerkan produknya sekaligus membagikan hadiah bagi pengunjung. Ajang ini diharapkan mampu memperluas dan mempermudah akses masyarakat terhadap perbankan.

"Saat ini produk perbankan semakin berkembang bukan hanya produk kredit dan tabungan, tapi juga ada produk e-money atau non tunai dengan berbagai kartu. Meski dikemas untuk pameran produk, perbankan juga melengkapi dengan kegiatan entertainment dan edukasi bagi pengunjung," ujar Ketua BPMD Kepri yang juga Kepala BI Kepri Gusti Raizal Eka Putra saat keterangan pers, Rabu (12/11/2014).

Expo kali ini juga tetap membawa misi edukatif di samping mengenalkan produk perbankan agar dikenal luas masyarakat. Perbankan saling bekerjasama untuk menyediakan talkshow mengenai edukasi perbankan yang digelar pada Sabtu.

Selain seputar dunia perbankan, BMPD juga akan mengusung demo mengolah kembali sampah rumah tangga menjadi bernilai untuk UMKM pada Minggu dan talkshow narkoba, sex dan thallasaemia pada Seninnya.

"Dalam waktu tiga hari kami ingin mendorong minat masyarakat mengenai perbankan dan lebih mengetahui mengenai recycle sampah," kata Gusti.

Pada hari pembukaan, kalangan perbankan juga mengajak masyarakat Batam untuk bersenam bersama di lapangan parkir Kepri Mall. Senam bersama itu mulai pukul 06.00 pagi.

Ajang Banking Expo ini juga dihadiri keluarga besar perbankan di Kepri. Seluruh keluarga besar perbankan diharapkan meramaikan acara terbesar bagi perbankan ini setelah sebelumnya juga ada ajang pekan olahraga perbankan (POR) di Batam. Gusti menargetkan sebanyak 2.000 orang akan ikut serta senam bersama itu.

"Bukan hanya pimpinan tapi juga karyawan dan nasabah perbankan juga bisa hadir. Acaranya juga penuh dengan hadiah," kata Gusti.

Untuk memeriahkan senam dalam pamaran ini, setiap perbankan menyediakan hadiah berupa souvenir. Jumlahnya diperkirakan mencapai 400 unit. Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan grand prize melalui pengundian. Enam unit sepeda motor disiapkan sebagai grand prize.

BMPD juga mneyiapkan sejumlah acara lain untuk meramaikan pameran kali ini. Selain dunia perbankan dan talkshow, juga ada kegiatan sosial donor darah, lomba modern dance, pemilihan putra/putri perbankan, lomba untuk anak menghias celengan tabungan dan lomba khusus karyawan perbankan menghitung uang.

Gusti menambahkan kegiatan pameran perbankan sudah lama tidak diadakan. Terakhir digelar yakni enam tahun yang lalu.

"Kegiatan ini menjadi tanggung jawab kami melalui edukasi, kompetisi hingga pameran perbankan. Kami juga ingin menggairahkan anak-anak untuk menabung. Jadi selain perbankan juga lengkap entertanimentnya," kata dia.

Dengan pameran ini, diharapkan akses masyarakat terhada perbankan akan semakin dekat termasuk untuk mengenal produk perbankan yang ada saat ini. Calon nasabah juga bisa langsung membandingkan produk yang ada saat ini.

Wakil Ketua BMPD Kepri Sulong, mengungkapkan melalui iven pameran seperti Banking Expo, akses perbankan bisa semakin meningkat. Peningkatan akses terhadap perbankan juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Setiap tahun pertumbuhan nasabah di Batam dan Tanjungpinang setiap tahun juga diyakini selalu signifikan. Pertumbuhan itu juga bisa dilihat dari pertumbuhan kantor cabang yang terus bertambah.

"Seluruh produk perbankan ada lengkap seluruh fiturnya. Masyarakat bisa langsung membandingkan," paparnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6683 seconds (0.1#10.140)