Pemerintah Akan Kembangkan 24 Pelabuhan

Senin, 17 November 2014 - 10:28 WIB
Pemerintah Akan Kembangkan 24 Pelabuhan
Pemerintah Akan Kembangkan 24 Pelabuhan
A A A
BANDUNG - Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas, Dedy Supriadi Priatna mengatakan, berdasarkan rencana yang disusun pemerintah melalui rancangan teknokratik, terdapat 24 pelabuhan yang akan dikembangkan dalam konsep Tol Laut.

Pelabuhan-pelabuhan tersebut, terdiri atas dua pelabuhan internasional, antara lain Pelabuhan Kuala Tanjung dan Pelabuhan Bitung. Kemudian, enam pelabuhan utama, yaitu Tanjung Priok, Belawan, Makassar, Sorong serta Kuala Tanjung dan Bitung.

"Hub (perhubungan) internasional semacam ruang tamunya. Kapal-kapal besar dari luar negeri berukuran 3.000-6.000 teus ini kita harapkan singgah dulu di hub internasional di Kuala Tanjung dan Bitung. Sementara ada pelabuhan utama lainnya serta 24 pelabuhan pengumpul. Konsep ini, tentu membutuhkan pengembangan pelabuhan ke depan," ujar Dedy, akhir pekan.

Dalam pengembangan pelabuhan tersebut, terdapat 24 pelabuhan yang menjadi catatan Bappenas yang akan dikembangkan. Termasuk pelabuhan pengumpul, terdiri atas Pelabuhan Banda Aceh, Belawan, Kuala Tanjung, Dumai, Batam, Padang, Pangkal Pinang, Panjang, Tanjung Priok, Cilacap, Tanjung Perak, Lombok, Kupang, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Maloy, Makassar, Bitung, Halmahera, Ambon, Sorong, Merauke, serta Jayapura.

Dedy mengatakan dari jumlah pelabuhan tersebut, kemungkinan masih akan berkembang karena dibahas lebih lanjut dan harus mendapat persetujuan presiden.

"Apakah ini masih bisa berkembang. Jawabannya kemungkinan iya. Sebab, kalau ternyata nanti pelabuhan lain ada yang ramai, kemungkinannya bisa bertambah. Akan diusulkan ke Bapak Presiden dan akan selesai 15 Januari 2015 melalui Perpres RPJMN," katanya.

(Baca: Penerapan Konsep Tol laut harus Didukung Pusat Pertumbuhan)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3476 seconds (0.1#10.140)