Rini Belum Usulkan Nama Calon Dirut Pertamina ke Jokowi

Senin, 17 November 2014 - 20:46 WIB
Rini Belum Usulkan Nama Calon Dirut Pertamina ke Jokowi
Rini Belum Usulkan Nama Calon Dirut Pertamina ke Jokowi
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku belum mengusulkan nama untuk mengisi jabatan Direktur Utama (Dirut) Pertamina.

Rini menjelaskan, pihaknya masih meminta pertimbangan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Namun, proses seleksi masih terus berjalan.

"Belum, belum, saya harus melakukan interview, Bapak Menteri ESDM harus melakukan interview, kita harus sama-sama duduk lagi," kata Rini, di komplek Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Mantan Menteri Perdagangan era Pemerintahan Megawati Soekarnoputri ini mengatakan, penunjukan Direksi Pertamina tetap di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sempat beredar informasi bahwa pemilihan direksi BUMN cukup melalui Menteri BUMN, tapi informasi tersebut dibantah oleh Rini. "Di Presiden. Harus di Presiden," kata Rini.

Sebelumnya, Direktur Global Future Institute, Hendrajit mengatakan, bursa calon Direktur Utama Pertamina nampaknya mengerucut pada dua nama, yakni Rinaldi Firmansyah dan Widhyawan Prawiraatmadja.

"Sedangkan Ahmad Faisal diplot untuk posisi komisaris. Ketiga orang tersebut. semuanya merupakan Ari Soemarno Connection," kata dia beberapa waktu yang lalu.

Hendrajit juga mengatakan, menelisik skenario Menteri BUMN Rini Sumarno, nampaknya agenda privatisasi Pertamina akan menjadi prioritas dalam rangka meliberalisasikan sektor hilir dan untuk mendukung skema ini, akan menjadi tugas pokok Dirut Pertamina Baru.

"Inilah skema Meneg BUMN yang perlu diwaspadai, karena besar kemungkinan muara dari skema ini adalah agar korporasi-korporasi asing bisa masuk ke Pertamina," tegasnya.

(Baca: Rini Harusnya Contoh Jokowi Memilih Menteri)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8589 seconds (0.1#10.140)