Pemerintah Siap Selesaikan Waduk Jatigede

Kamis, 20 November 2014 - 16:30 WIB
Pemerintah Siap Selesaikan Waduk Jatigede
Pemerintah Siap Selesaikan Waduk Jatigede
A A A
JAKARTA - Pemerintah siap menyelesaikan proyek Waduk Jatigede yang pembangunannya telah dimulai sejak zaman Presiden Soekarno.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dedy Supriadi Priatna mengatakan, pemerintah siap memperjuangkan proyek tersebut dan akan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres).

"Mau ada Perpres," singkat dia saat rapat koordinasi (rakor) di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Dia menuturkan, pengairan Waduk Jatigede yang tadinya akan dilakukan November ini batal dilaksanakan lantaran masih ada 80 ribu pohon yang belum ditebang.

"Enggak jadi (pengairan). Tegakan pohonnya saja masih di dalam, ada 80 ribu pohon," tuturnya.

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyo menuturkan, dalam rapat tersebut akan ada dua pembahasan yang akan dipaparkan.

"Jadi masih ada sekitar 11.000 KK yang belum clear diganti rugi maupun diberikan kompensasi jaminan hidupnya," ungkap dia.

Pemerintah juga akan membersihkan sekitar 80 ribu pohon yang rencanakan akan dilakukan oleh PT Perhutani (Persero). "Ada sekitar 80.000 pohon yang harus dibersihkan," ujarnya.

Basuki mengatakan, pembersihan puluhan ribu pohon tersebut agar tidak memengaruhi kualitas dari air waduk nantinya.

"Karena menurut aturan penggenangan waduk harus clear juga dari biological things sekarang akan memengaruhi kualitas air waduk. Kita akan bahas ganti rugi izin pakai Perhutani," jelas Basuki.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3330 seconds (0.1#10.140)