DPR: Bila Pelu Dirut Pertamina Dari Eksternal

Kamis, 20 November 2014 - 18:00 WIB
DPR: Bila Pelu Dirut...
DPR: Bila Pelu Dirut Pertamina Dari Eksternal
A A A
JAKARTA - Ditengah aspirasi mengenai calon Direktur Utama Pertamina yang harus diisi oleh orang internal Pertamina, Anggota Komisi VII Satya W Yudha punya pandangan yang berbeda.

Satya menilai bahwa sebaiknya untuk Direktur utama perusahaan pelat merah tersebut, harus diisi dari eksternal.

"Sebaiknya sih orang dari luar yang bisa memberikan ornamen baru untuk Pertamina dan didukung oleh jajaran direksi dari dalam untuk bisa membasmi mafia migas," ujar dia kepada Sindonews di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Dia memiliki alasan kenapa harus dari orang eksternal. Alasannya adalah, jikalau dipilih dengan benar, hal tersebut bisa diidentifikasikan bahwa orang tersebut tak akan terpengaruh pada budaya dan sistem orang Pertamina dalam.

"Nah tapi kalau dirut dari luar, berarti direksinya harus diperkuat lagi untuk dukung kerjanya dia. Masalah ketidakmengertian struktur intern perusahaan, saya rasa pemimpin itu nggak harus tau semuanya tapi harus bisa mengorganisir sesuatu. Untuk seluk beluknya, itu bisa ditangani oleh anak buahnya," ujarnya.

Kemudian mengenai PT DDI yang dipilih untuk tim penyaring dirut Pertamina, Satya berpandangan, DDI yang bosnya adalah kakak dari Menteri BUMN Rini Soemarno, Ongky Soemarno ini, menurut dia, itu hanya salah 1 tools untuk melihat karakter orang.

"Itu bukan keputusan akhir dalam pengambilan keputusan. DDI itu nanti untuk mengecek IQ dan EQ, kepemimpinan dan psikologi lainnya orang itu. Itu hanya bahan pertimbangan saja. Yang harus dijaga kan sebetulnya visi dan misi Pertaminanya sendiri," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0510 seconds (0.1#10.140)