Be Genius; Be ReBi; Be Ready for MEA 2015

Jum'at, 28 November 2014 - 10:39 WIB
Be Genius; Be ReBi; Be Ready for MEA 2015
Be Genius; Be ReBi; Be Ready for MEA 2015
A A A
Untuk ke-12 kalinya Panitia Rekor Bisnis (ReBi) menyerahkan ReBi Award kepada 20 perusahaan yang berhasil mempertahankan klaim mereka di hadapan tujuh Dewan Juri dari berbagai latar belakang; para pakar di bidangnya masing-masing mencakup pemasaran, investasi dan pasar saham, komunikasi, keuangan dan praktisi bisnis.

Penyerahan berlangsung hari Kamis (20/11) lalu di Hotel Mulia, Jakarta dalam Malam Penganugerahan bertemakan “Be Genius”.Tidak kurang dari tiga ratus orang hadirin dari berbagai perusahaan penerima award memenuhi Ballrom 1, Hotel Mulia. Nuansa Genius ditunjukkan dalam sorotan digital di sebuah layar lebar, dikombinasikan secara 3D seakan menyatu antara manusia dengan layar seperti dalam film Iron Man.

Ke-20 perusahaan penerima ReBi Award malam itu menambah jumlah penerima Award menjadi 173 perusahaan dengan total klaim 217, dalam rentang waktu empat tahun lebih sejak Penyerahan ReBi Award ke I tanggal 24 Februari 2010. Malam itu, ikut serta perusahaan dari Astra Group yang menerima ReBi Award ketujuh kalinya, sebuah prestasi tersendiri.

Tentu saja ada juga perusahaan lain yang menerima lebih dari satu kali, namun tidak atau belum dapat menyamai prestasi tersebut. Selengkapnya perusahaan penerima ReBi Award ke-12 adalah: 1. Pacific Paint – pendatang baru sebuah perusahaan cat nasional di Indonesia yang merupakan pelopor produsen cat nasional, 2. Kospin Jasa, sebuah koperasi berkantor-pusat di Jawa Tengah yang pertama kali menerapkan tablet sehingga dapat melayani realtime dengan bukti struk dan notifikasi SMS untuk transaksinya, kemudian berturut-turut: 3.

Bank International Indonesia Tbk. 4. PT Pertamina Trans Kontinental, 5. PT Astra Otoparts Tbk, 6. Oxxo Care Cleaners, 7. Tokio Marine Life Insurance Indonesia, 8. PT Bluebird Tbk, 9. PT Zurich Topas Life, 10. PT Bank CIMB Niaga Tbk., 11. Miracle Aesthetic Clinic, 12. PT Metropolitan Land Tbk. 13. PT Fortune Indonesia Tbk., 14. Koperasi Simpan Pinjam Intidana, 15. Lojal.com, 16. TRAC Astra Rent a Car, 17. PT Adhi Karya (Persero) Tbk, 18. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, 19.

PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), dan 20. PT Martina Berto Tbk. Pada kesempatan tersebut, para pemenang ReBi diminta agar menggunakan momentum penerimaan penghargaan ini sebagai dorongan untuk terus memacu diri agar tetap eksis melalui inovasi-inovasi dan terobosan-terobosan baru sehingga siap untuk bersaing di era pasar bebas (AFTA) 2015 sebagai konsekuensi dicanangkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA 2015).

Perusahaan-perusahaan Indonesia harus memiliki benteng pertahanan yang kuat terhadap serbuan produk negara ASEAN, sebaliknya harus mampu dan berhasil memasuki pasar di negara lainnya. Oleh karena itulah, harus menjadi perusahaan- perusahaan genius.

Agar siap memasuki MEA 2015, dan dapat menjadi tuan di negeri sendiri, menjadi tamu di negeri orang, maka perusahaan- perusahaan ReBi harus melakukan terobosan-terobosan, dan sebagian telah melakukannya seperti:

a. Meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jaringan distribusi, sehingga kapanpun diperlukan produk tersedia di lokasi terdekat di mana pelanggan membutuhkannya,

b. Menerapkan teknologi modern dan khususnya penggunaan internetbased programdan sistem sehingga dapat melakukan monitoring real-time baik dalam pelayanan penjualan maupun penyerahan produk,

c. Melakukan terobosan-terobosan baru termasuk menyentuh go green (ramah lingkungan), back to nature (herbal) dan organic,

d. Meningkatkan pelayanan – semakin cepat semakin baik – dan juga pendekatan yang lebih personal, cultural, profession, family-based tergantung yang lebih pas dengan dirinya.

e. Memanfaatkan dan mendayagunakan pendekatan pemasaran melalui celebritries, sports championship, unique danspecial events. Menjadi pelopor atau pionir sebagai mana perusahaan-perusahaan penerima ReBi Award tentu akan menjadi sebuah kebanggaan. Kalau mereka bisa, tentu perusahaan Anda pun bisa.●

DR. Eliezer H. Hardjo PH.D., CM
Ketua Dewan Juri Rekor Bisnis (ReBi) & The Institute of Certified Professional Managers (ICPM)
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5647 seconds (0.1#10.140)