Fitra Ragukan Dwi Mampu Pimpin Pertamina

Minggu, 30 November 2014 - 15:53 WIB
Fitra Ragukan Dwi Mampu...
Fitra Ragukan Dwi Mampu Pimpin Pertamina
A A A
JAKARTA - Direktur Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Khadafi meragukan Dwi Soetjipto untuk memimpin PT Pertamina (Persero).

Meski faktanya, mantan Direktur Utama PT Semen Indonesia yang hampir dua periode tersebut telah berhasil memimpin perusahaan holding semen milik pemerintah dengan mengakuisisi pabrik di luar negeri. Pasalnya, secara korporasi, dia menilai, dana kelolaan Pertamina jauh lebih besar dari Semen Indonesia.

Selain itu, menurut Uchok, utang Pertamina juga jauh lebih besar dari utang Semen Indonesia. Dari data yang dimiliki Fitra, utang Pertamina per 2013 sebesar Rp288,4 triliun. Sedangkan utang Semen Indonesia hanya Rp8,9 triliun.

"Dwi tidak akan mampu memimpin Pertamina. Utang Pertamina saja jauh lebih besar dan dia (Dwi) di situ (Pertamina) tidak akan mampu mengelola karena utangnya berbeda dengan Semen Indonsia," ucap Uchok dalam diskusi di Jakarta, Minggu (30/11/2014).

Bukan hanya utang, aset Pertamina juga jauh lebih besar dari Semen Indonesia. Aset Pertamina mencapai Rp135,2 triliun, sedangkan aset Semen Indonesia hanya Rp18,2 triliun. Lebih beratnya, total utang Pertamina jauh lebih besar dari aset.

"Sementara Dwi cuma mengelola aset Rp18,8 triliun, pendapatan per tahun Rp24,5 triliun (Semen Indonesia), sedangkan di Pertamina aset Rp135,2 triliun, pendapatan Rp639,9 triliun per tahun dan laba bersih Rp26,6 triliun," tutur dia.

Uchok pesimistis Dwi bisa akan membawa Pertamina menjadi pemain global dan mengalahkan Petronas. Saat ini, laba bersih Pertamina Rp26,6 triliun atau USD2,9 juta, sedangkan Petronas mencapai USD20 miliar.

"Dwi harus hati-hati. Masalah utang dikelola agar tidak bangkrut," pesannya.

(Baca: Dwi Dikhawatirkan Jadi Pintu Masuk Mafia Migas)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5316 seconds (0.1#10.140)