Pemkab Lombok Barat Serius 3 Sektor Ini

Kamis, 11 Desember 2014 - 20:21 WIB
Pemkab Lombok Barat Serius 3 Sektor Ini
Pemkab Lombok Barat Serius 3 Sektor Ini
A A A
JAKARTA - Bupati Lombok Barat Zaini Arony mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat berencana membangun sektor pariwisata, pertanian, dan perikanan untuk mengembangkan kawasannya.

"Kami ingin kembangkan sektor pariwisata, pertanian, serta perikanan," terang Zaini di MNC Tower, Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Potensi wisata di wilayah Lombok Barat, lanjutnya, tak kalah dengan kawasan lain. Kendati di barat ada Bali dan di timur ada Pulau Komodo, Lombok Barat punya pantai yang memiliki ombak yang mengalahkan pantai lainnya.

"Kami punya pantai Bangko-bangko di kawasan Sekotong yang memiliki ombak seperti terowongan sepanjang 100 meter sehingga berkesan ketika surfing. Pantai lain, katakan Hawaii hanya sepanjang 50 meter," terangnya.

Di samping sektor pariwisata, sektor perikanan yang dimiliki Lombok Barat juga belum tergarap sempurna. "Di sektor perikanan ini, belum mendapat benefit dari pengolahan ikan," terangnya.

Mulai 2015 nanti, ujarnya, Pemkab ingin perkenalkan sektor ini agar digarap investor. Pasalnya pasar ini cukup terbuka dan bakal menyerap lapangan kerja lokal.

"Bayangkan, berton-ton ikan yang ditangkap di Lombok Barat dibawa keluar daerah begitu saja. Coba kalau di sini ada pabrik pengalengan ikan sehingga kami bisa mendapat benefit tambahan dari sektor ini," ungkapnya.

Sementara di sektor pertanian, produk unggulan yang sudah dikenal hingga mancanegara juga akan dikembangkan lebih baik. Selama ini, masyarakat internasional hanya mengenal Kangkung Lombok.

Bahkan, Kangkung Lombok sudah diekspor ke sejumlah negara seperti Malaysia dan Singapura. "Ada beberapa produk pertanian yang sedang kami lirik. Ini juga membuka pintu bagi investor," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7007 seconds (0.1#10.140)