Ciputra Development Siapkan 20 Proyek Baru

Jum'at, 12 Desember 2014 - 09:51 WIB
Ciputra Development Siapkan 20 Proyek Baru
Ciputra Development Siapkan 20 Proyek Baru
A A A
JAKARTA - PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menyiapkan 15-20 proyek baru untuk dikembangkan pada tahun depan.

Dari jumlah tersebut, enam proyek merupakan limpahan dari rencana proyek tahun ini yang pengerjaannya diundur menjadi tahun depan. Sebagian besar dari proyek tersebut berupa landed house . Direktur PT Ciputra Development Tbk (CTRA) Tulus Santoso mengatakan CTRA sebagai induk perusahaan yang mengonsolidasikan keseluruhan kinerja Grup Ciputra siap berekspansi tahun depan.

“Kami optimistis pasar properti tahun depan membaik. Karena itu, ada sejumlah proyek baru yang dipersiapkan,” ucapnya di Jakarta kemarin. Tulus menjelaskan, penjualan pada kuartal IV/2014 sangat positif. Hal itu disebabkan perbankan tidak menaikkan bunga KPR. Hasilnya, masyarakat yang membeli properti cenderung meningkat, baik untuk kebutuhan investasi ataupun dipergunakan sendiri.

Kondisi itu diharapkan bisa berlanjut ke tahun depan. Untuk pengembangan sejumlah proyek itu, perseroan menyiapkan belanja modal (capital expenditure /capex) di kisaran Rp1,2 triliun hingga Rp2 triliun. Dananya berasal dari internal dan pinjaman bank dengan persentase sama rata. Selain itu, perseroan belum memiliki rencana mencari pendanaan dari pasar modal seperti yang dilakukan pada tahun ini.

Keberadaan proyek- proyek baru tersebut diharapkan bisa meningkatkan marketing sales perseroan di kisaran 10-15% dari proyek tahun ini Rp9 triliun. Proyek-proyek baru tersebut diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap target yang ditetapkan perseroan. Analis Woori Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, pascapengetatan kebijakan rasio pinjaman terhadap aset (LTV), emiten properti melakukan berbagai strategi untuk kembali meningkatkan kinerjanya.

Antara lain dengan mengeluarkan berbagai paket promosi untuk meringankan konsumen mencicil uang muka.

Hermansah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8342 seconds (0.1#10.140)