NTT Miliki Program Khusus Swasembada Sapi

Rabu, 17 Desember 2014 - 10:58 WIB
NTT Miliki Program Khusus Swasembada Sapi
NTT Miliki Program Khusus Swasembada Sapi
A A A
KUPANG - Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki program Percepatan Swasembada Daging Sapi Kerbau (PSDSK) yang mengarah kepada swasembada daging sapi-kerbau di NTT sekaligus untuk dipasok ke daerah-daerah di luar NTT.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pertanian Kupang, NTT Amirudin Pohan yang sempat berbincang dengan Sindonews.

"Jadi, program percepatan swasembada daging sapi kerbau ini, kita sebagai litbang diminta untuk mengawal dan membuat percontohan untuk mengawasi peternakan sapi dan kerbau di NTT," ujar Amir di Kupang, Rabu (17/12/2014)

Pengawasan ini, meliputi peternakan sapi agar bisa mendapatkan standar baik. Menurut dia, pengawasan tersebut telah dilakukan tiap tahunnnya di sekitar 3-4 kabupaten.

"Jika layak, mereka akan dijadikan percontohan. Ini sudah dicanangkan sejak 2010," ungkap Amir.

Adapun tujuan dari program tersebut adalah fokus ke upaya untuk meningkatnya presentase kelahiran anak sapi, dengan pemberian pakan dan manajemen yang baik, menggunakan pakan yang ada, serta pengawetan pakan.

"Kedua, setelah kelahiran sudah tinggi, kita harus menekan kematian anak sapi karena tingkat kematian tinggi bisa sampai 30%. Jadi bayangkan saja kalau induknya 100, beranak 70, 30 mati. Itu yang kita hindari," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7642 seconds (0.1#10.140)