Penunjukan Dirut BUMN Rini Diduga Putuskan Sendiri

Rabu, 24 Desember 2014 - 13:30 WIB
Penunjukan Dirut BUMN Rini Diduga Putuskan Sendiri
Penunjukan Dirut BUMN Rini Diduga Putuskan Sendiri
A A A
JAKARTA - Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Watch Naldy Nazar menduga, Menteri BUMN Rini Soemarno seolah berjalan sendiri dalam mengambil keputusan soal penunjukan dirut BUMN.

Menurutnya, Rini memilih dirut baru BUMN seperti Dirut PLN Sofyan Basyir tidak sesuai dengan kapasitasnya.

"Yang saya lihat, Rini sudah jalan sendiri, dia sudah nyolong-nyolong jalan sendiri. Dia menempatkan orang-orang yang tidak sesuai, tapi sesuai buat hatinya sendiri," ujarnya kepada Sindonews di Jakarta, Rabu (24/12/2014).

Dia meyakini banyak yang kaget atas penunjukan Sofyan Basyir sebagai dirut PLN yang baru, padahal Sofyan sendiri diketahui sebagai dirut Bank BRI.

"Saya kaget. Kok bisa Pak Sofyan Basyir? Apa sudah enggak ada lagi orang yang ngerti soal PLN? Atau gimana? Kok harus dari luar, enggak menempatkan orang di bidangnya masing-masing. Kasusnya PLN kan banyak, bukan cuma finansial saja," tuturnya.

Naldy juga menyesalkan tidak ada pemberitaan yang menerangkan bahwa para dirut yang dipilih Rini sudah lolos pengecekan KPK dan PPATK.

Dia mengaku kerap mengamati media soal penentuan dirut Pertamina dan PLN yang baru. Menurutnya, tidak ada report soal kedua dirut tersebut sudah lolos uji KPK dan PPATK.

"Itu saya lihat, apakah ada dirut-dirut BUMN ini, lewat KPK dan PPATK atau tidak? Saya enggak melihat berita bahwa mereka sudah lulus uji pemeriksaan KPK dan PPATK. Kalau ada pasti diumumkan dong, diberitakan dong," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5259 seconds (0.1#10.140)