Networking dan Membantu Kunci Sukses Billy Boen

Jum'at, 26 Desember 2014 - 18:40 WIB
Networking dan Membantu Kunci Sukses Billy Boen
Networking dan Membantu Kunci Sukses Billy Boen
A A A
PENDIRI PT Young on Top (YOT) Nusantara Billy Boen mengungkapkan, salah satu hal yang dapat membuat seorang pengusaha sukses adalah dengan memiliki jaringan (networking) yang luas dengan banyak orang.

Dia bercerita, saat masih duduk di bangku sekolah, ayahnya tidak mengharuskannya meraih peringkat teratas di kelas, melainkan harus memiliki banyak teman.

"Waktu sekolah dulu, ayah saya bilang kalau mau sukses harus punya temen yang banyak. Setelah saya pelajari, saya mengerti, sukses tidak bisa sendirian. Semakin banyak networking, semakin sukses, semakin besar. Kalau punya temen banyak bisa membantu kita," ujarnya dalam acara Entrepreneur Forum Discussion oleh Sindo Weekly di Plaza Bapindo, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 13 Agustus 1978 ini menjelaskan bahwa menjalin hubungan pertemanan harus didasari dengan tidak mengharapkan sesuatu.

"You must respect dengan bantuin orang lain. Yang paling kesal tentu sudah lama tidak ketemu, lalu SMS minta tolong. Kesel memang, hal seperti itu jangan dilakuin, attitude harus baik. Berteman secara tanpa ada maunya," jelasnya.

Billy melanjutkan bahwa dengan ringan membantu orang lain, maka ketika membutuhkan bantuan, orang lain akan bersedia membantu.

Kendati demikian, dia mengingatkan, jangan membantu orang lain karena hanya butuh. Menurut dia, semakin banyak membantu akan semakin besar manfaatnya tidak hanya untuk orang lain tapi juga untuk diri sendiri.

"Orang yang tidak enak minta tolong karena dianya sendiri jarang menolong orang. Misalnya, saya bantuin seribu kali setahun, kemudian tahun besok saya ada masalah, pasti akan dibantuin. Kita akan selalu butuh bantuan orang lain dan jangan bantuin orang kalau ada maunya," ujar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6295 seconds (0.1#10.140)