Tujuh Tips Menjadi Pemimpin di Tempat Kerja

Senin, 29 Desember 2014 - 14:25 WIB
Tujuh Tips Menjadi Pemimpin di Tempat Kerja
Tujuh Tips Menjadi Pemimpin di Tempat Kerja
A A A
MENJADI pemimpin di tempat Anda bekerja adalah suatu tantangan. Anda ingin menjadi pemimpin, tetapi tidak memiliki visi, lantas bagaimana Anda memosisikan diri sebagai pemimpin di tempat kerja?

Yun Siang Long dari agensi periklanan multinasional, seperti dikutip Careerealism, berbagi tips agar Anda mampu menjadi pemimpin di tempat kerja Anda.

1. Ambil Tanggung Jawab

Jika Anda ingin menjadi pemimpin di tempat kerja, belajar untuk berani mengambil tanggung jawab dari apapun yang menjadi bagian dari pekerjaan.

Belajar mengambil tanggung jawab pun tidak hanya untuk hal yang baik saja, bahkan untuk hal buruk sekalipun. Misalnya, mengakui kesalahan yang diperbuat sebab Anda tidak akan belajar jika tidak membuat kesalahan.

2. Percaya Kemampuan

Anda ingin menjadi pemimpin di tempat kerja, maka percaya pada kemampuan Anda sebagai pemimpin untuk dapat mengubah dunia.

Pengaruh positif yang dimilliki akan menjadi kekuatan untuk orang di sekitar Anda, serta menginspirasi sekitar untuk dapat mencapai prestasi lebih tinggi dari Anda.

3. Berani Ambil Risiko

Pemimpin selalu mencoba hal baru dan berani mengambil risiko. Mereka tidak takut melakukan apa yang mereka yakini.

Anda perlu mengambil risiko, bahkan yang sederhana sekalipun. Misalnya, mengambil proyek yang tidak disukai.

4. Lakukan dan Tulis Itu

Dunia ini penuh dengan orang yang terlalu banyak bicara dan tidak melakukan apapun. Jika Anda ingin menjadi pemimpin di tempat kerja, maka harus bertindak atas sesuatu.

Jika Anda memiliki ide yang cemerlang, maka tuliskanlah. Tidak peduli jika nantinya ide tersebut tidak terpakai lagi sebab jika Anda ingin menjadi pemimpin di tempat kerja, maka harus berlatih untuk menulis semuanya.

5. Lihat Peluang di Manapun

Tidak perlu menciptakan peluang bagi diri sendiri untuk memimpin. Hanya mengambil kesempatan yang ada di depan mata sebab jika Anda tidak melihat peluang di mana-mana, Anda akan kehilangan kesempatan.

6. Terbuka

Terbuka terhadap kritik dan umpan balik. Seringkali ide datang justru dari orang-orang pintar di sekeliling Anda. Mereka akan memberikan tips tentang cara untuk meningkatkan dan menjadikan pribadi yang lebih baik.

Anda membutuhkan umpan balik untuk menjadi pemimpin di tempat kerja.

7. Berikan, Berikan, dan Berikan

Mencurahkan semua yang didapatkan dari dalam diri Anda. Berikan semua ide dan rencana yang dimiliki. Rasakan kerentanan dan belajar untuk menyukainya.

Ketika Anda menuangkan semua ide yang dimiliki, maka Anda akan membutuhkan ide yang baru lagi. Ide tersebut pun bisa datang dari manapun, dari kritikus yang ingin menjatuhkan, dari pendukung, atau bahkan dari orang yang tidak diharapkan sekalipun.

Anda pun memiliki lebih banyak masukan, dan justru akan memperkaya diri. Itulah cara menjadi pemimpin yang baik di tempat kerja.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6377 seconds (0.1#10.140)