Pertamina Klaim Vi-Gas Lebih Unggul dari BBM

Senin, 29 Desember 2014 - 17:55 WIB
Pertamina Klaim Vi-Gas Lebih Unggul dari BBM
Pertamina Klaim Vi-Gas Lebih Unggul dari BBM
A A A
BANDUNG - Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengklaim, bahan bakar gas (BBG) produk Vi-Gas lebih unggul dari bahan bakar minyak (BBM), lantaran memiliki kandungan lebih tinggi dengan RON minimal 98.

"Kita tidak bicara tentang premium yang mau dihilangkan, kita bicara tentang BBM dan BBG. Vi-Gas ini kandungan oktannya lebih tinggi daripada premium. Kami memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat untuk penggunaan bahan bakar ini," ujarnya di sela-sela peresmian SPB Vi-Gas pertama di Bandung, Senin (29/12/2014).

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung, Eric Mohamad A mengatakan, adanya Vi-Gas ini merupakan alternatif bahan bakar yang bisa dipilih masyarakat untuk berkontribusi dalam menanggulangi masalah lingkungan.

"Dengan V-Gas ini, sedikitnya akan meringankan beban lingkungan. Sebagaimana kita ketahui, Bandung, seperti halnya Jakarta dan kota besar lainnya, lingkungannya sudah tercemar dengan emisi kendaraan yang berlebih. Semoga saja dengan bahan bakar gas ini bisa membantu melindungi lingkungan kita dari pencemaran," tandasnya.

Patut diketahui, Vi-Gas memiliki tekanan sekitar 8-12 bar di dalam tangki yang artinya lebih rendah dari tekanan gas dalam ban yang sekitar 25 bar. Di banyak negara maju di Eropa dan Asia, porsi penggunaan LGV atau Vi-Gas lebih besar dari penggunaan BBM. Vi-Gas terdiri dari campuran Propane (C3) dan Butane (C4) dengan spesifikasi yang telah disesuaikan dengan keperluan mesin kendaraan bermotor sesuai dengan SK Dirjen Migas No. 2527.K/24/DJM/2007.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0662 seconds (0.1#10.140)