Perbankan Minta Dukungan Regulator

Selasa, 06 Januari 2015 - 10:46 WIB
Perbankan Minta Dukungan Regulator
Perbankan Minta Dukungan Regulator
A A A
JAKARTA - Prospek industri perbankan tahun ini diprediksi tetap positif, meski dibayangi perlambatan ekonomi dalam negeri.

Untuk bisa tetap tumbuh positif, perbankan meminta dukungan pemerintah dan regulator. “Tahun 2015 memang ekonomi Indonesia penuh dengan tantangan, tetapi perbankan akan tetap tumbuh jika didukung oleh regulator dalam mendukung program pemerintah. Untuk itu, baik pemerintah maupun regulator perlu mendukung perbankan,” ujar Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Maryono saat dihubungi KORAN SINDO kemarin.

Maryono menjelaskan, dukungan regulator dan pemerintah dibutuhkan bank dalam bentuk kemudahan perizinan, akses likuiditas, dan aturan yang bisa membuat bank bisa berkembang. Dia mencontohkan, untuk masalah perizinan dalam pembangunan perumahan misalnya, ada setidaknya 28 perizinan yang harus dipenuhi.

“Kalau perizinan itu bisa dipangkas menjadi katakanlah setengahnya, tentu akan sangat membantu,” jelasnya. Menurut Maryono, peran perbankan sangat strategis dalam mendukung program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, penciptaan swasembada pangan, dan pembangunan satu juta rumah. Jika pemerintah dan regulator mau mendukung perbankan, program pemerintah tersebut bisa berjalan maksimal.

Tahun ini, lanjut Maryono, meski industri perbankan diprediksi hanya tumbuh sekitar15-16%, Bank BTN optimistis bisa melampaui kinerja industri perbankan. Hal ini disebabkan Bank BTN fokus pada pembiayaan perumahan yang saat ini masih menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia.

Mengenai program pembangunan satu juta rumah, Maryono mengakui Bank BTN siap melaksanakan program tersebut berapa pun yang dipercayakan oleh pemerintah. Terpenting, ujar dia, dalam pembangunan rumah adalah ketersediaan rumah itu sendiri. Artinya, bagaimana kemampuan pengembang dalam menyediakan rumah tersebut. “Kalau peran Bank BTN, adalah mendukung pembiayaan perumahan yang sudah tersedia dan dibangun oleh pengembang,” tegasnya.

Tahun 2015 Bank BTN ingin berperan lebih besar bagaimana dapat mendukung program perumahan nasional. Dengan core business di bidang pembiayaan perumahan, Maryono optimistis Bank BTN akan berperan secara optimal dalam pengembangan infrastruktur melalui bidang pembangunan perumahan.

Rakhmat baihaqi
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3392 seconds (0.1#10.140)