Cuaca Buruk, Harga BBM di Indonesia Timur Meroket

Kamis, 08 Januari 2015 - 12:13 WIB
Cuaca Buruk, Harga BBM di Indonesia Timur Meroket
Cuaca Buruk, Harga BBM di Indonesia Timur Meroket
A A A
JAKARTA - Harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia bagian timur akan meroket hingga tiga kali lipat jika terjadi cuaca buruk di wilayah tersebut.

Wakil Ketua Umum Pokja Percepatan Pembangunan Indonesia Timur Kadin Ferrianto Djais mengatakan, harga BBM di wilayah timur Indonesia saat ini paling murah sebesar Rp50.000 per liter.

"Harga BBM Rp50.000 paling murah, bahkan kalau cuaca jelek bisa Rp100 ribu-Rp150 ribu," ujarnya di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, kondisi ini pun menyebabkan investor tidak berminat menanamkan modalnya di wilayah tersebut. Terlebih bahan bakar memiliki porsi besar dalam ongkos produksi.

"Sedangkan dalam production cost, BBM itu porsinya 40%-60%," imbuhnya.

Dia berharap, pemerintah dapat memberikan subsidi untuk BBM yang akan dipasok ke wilayah Indonesia Timur, khususnya di wilayah pedalaman.

Selain itu, ketersediaan infrastruktur logistik juga menjadi hal wajib yang harus dipenuhi pemerintah untuk membantu menekan biaya logistik BBM ke kawasan tersebut.

"Pemerintah harus kasih subsidi buat BBM. Selama ini, masih diangkut pakai pesawat. Kalau begini terus, sampai mati pun BBM tetap akan mahal," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7355 seconds (0.1#10.140)