Keuntungan Libatkan Perusahaan Nasional dalam Tender BBM

Minggu, 18 Januari 2015 - 18:07 WIB
Keuntungan Libatkan...
Keuntungan Libatkan Perusahaan Nasional dalam Tender BBM
A A A
JAKARTA - Keterlibatan perusahaan nasional dalam tender bahan bakar minyak (BBM) akan menciptakan banyak keuntungan bagi negara. Misalnya, nilai tukar rupiah menguat, kenaikan pajak ,dan devisa lebih stabil.

"Mengingat dalam satu bulan pada saat harga minyak rendah terjadi transaksi sebesar kurang lebih USD1,1 miliar," ujar Direktur Puskepi, Sofyano Zakaria, Minggu (18/1/2015).

Tidak hanya itu, lanjut dia, kesempatan tersebut akan mendorong perusahaan nasional berkembang menjadi perusahaan internasional trading minyak mentah dan BBM. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara pengimpor minyak terbesar di kawasan Asia Pasifik .

"Tirulah negara negara seperti Jepang dan Korea yang memberi kesempatan pada perusahaan dalam negerinya untuk berkembang menjadi perusahaan Internasional," kata Sofyano.

Perusahaan nasional berbentuk perusahaan terbatas (PT), seharusnya diberi kesempatan dan dukungan dari pemerintah dan Pertamina untuk berpartisipasi sebagaimana yang terjadi, seperti di Jepang dan Korea.

"Perusahaan perusahaan Jepang, seperti Mitsubishi, Mitsui, Sumitomo, Itochu, Marubeni, Sojitzu, Kanematsu, Toyota Itshu selalu mendapatkan prioritas untuk melakukan pengadaan ataupun penjualan untuk minyak mentah dan produk kilang asal Jepang," terang Sofyano.

Perlakukan sama juga berlaku di Korea. Perusahaan perusahaan antara lain SK, Hanwha, Samsung, Hyundai, GS-Global, Daewoo Internasional juga mendapatkan dukungan dari pemerintah Korea.

"Ini saatnya pemerintah memberikan kesempatan perusahaan nasional bertarung di internasional dalam perdagangan BBM," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7088 seconds (0.1#10.140)