Faktor Ini Jadi Pertimbangan Pemerintah Turunkan TDL

Selasa, 20 Januari 2015 - 14:46 WIB
Faktor Ini Jadi Pertimbangan...
Faktor Ini Jadi Pertimbangan Pemerintah Turunkan TDL
A A A
JAKARTA - Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman mengungkapkan, ada beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan pemerintah untuk menurunkan tarif dasar listrik (TDL).

Jarman menjelaskan, tiga faktor yang akan dilihat untuk menentukan apakah TDL akan diturunkan atau tidak.

"Tarif listrik ditentukan oleh tiga komponen, yaitu dolar (USD), harga minyak dan inflasi. Tentu naik atau turun tergantung tiga faktor ini. Kebetulan kita kan sedang hadapi USD yang naik, rupiah melemah. Tapi di satu pihak, minyak turun," ujarnya di Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Mengenai besarannya, dia menyatakan, pihaknya akan melihat terlebih dahulu pergerakan ketiga komponen tersebut.

"Tentu kita lihat berapa nilainya. Tapi kita lihat karena ICP turun, USD naik, tarifnya juga agak turun sedikit saja," jelasnya.

Di singung mengenai penurunan bahan bakar minyak (BBM) apakah juga akan berimbas pada menurunnya TDL, Jarman belum bisa mengambil kesimpulan.

"Kan tergantung juga bagaiman kurs kita. Kalau kurs kita juga melemah, kita lihat presentase mana yang paling berpengaruh dan berapa besar. Kalau inflasi turun terus, sedangkan USD naiknya tidak begitu banyak, pasti ada penurunan," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9100 seconds (0.1#10.140)