Bagaimana dengan Kepemimpinan Anda?

Jum'at, 06 Februari 2015 - 11:18 WIB
Bagaimana dengan Kepemimpinan Anda?
Bagaimana dengan Kepemimpinan Anda?
A A A
Ada banyak faktor atau elemen dalam kepemimpinan kita sebut saja beberapa: a. sosok pribadi atau kepribadian pemimpin, apakah ia tipe pemimpin yang dapat menggerakkan orang lain dengan sukarela atau hanya sekadar manajer yang mengatur. b. kelompok pengikut yang mematuhi sang pemimpin dengan sukarela dan senang hati.

Bawahan dalam tingkat tertentu juga merupakan pengikut sekalipun tidak sepenuhnya benar oleh karena mereka memperoleh kompensasi atau bayaran atas kontribusinya terhadap perusahaan. c. jenis organisasi dan lingkungan, dalam pemerintahan, perusahaan dan masyarakat berbeda satu dengan lain. d. lokasi di berbagai benua dan negara (geografis) serta kelompok masyarakat yang berbeda (demografis), berbeda pula kebutuhan dan tuntutan terhadap sosok pemimpin. e. timing (waktu), abad yang berbeda membutuhkan sosok pemimpin yang berbeda.

Sekarang di abad ke-21 adalah abad digital, di mana informasi pada saat yang sama (realtime) dan dari seluruh dunia dapat diakses saat itu juga. Kombinasi dari kelima faktor atau elemen tersebut menuntut dan menjadikan tipe kepemimpinan yang berbeda. Melalui sejarah kita melihat perjalanan dari pemimpin yang cocok dan menonjol pada zamannya.

Seorang pemimpin yang berhasil di suatu lokasi pada zaman tertentu belum tentu cocok di lain tempat dan pada zaman yang berbeda. Betapa pun, pada akhirnya seorang sosok pemimpin yang disukai dan dipatuhi oleh pengikutnya adalah sosok pemimpin yang memperhatikan dan mewujudkan kesejahteraan bagi pengikutnya; masa kini dan menciptakan masa depan yang lebih baik dengan tidak mementingkan dirinya sendiri.

Pemimpin yang dicintai akan dihormati dan biasanya berakhir dalam sebuah penghormatan dalam kemuliaan. Bagaimana sosok pemimpin berkomunikasi dengan pengikutnya adalah kunci keberhasilan dari pemimpin. Mari kita simak apa yang diungkapkan oleh Mark S Hampton seorang pengamat, pelatih, penulis tentang kepemimpinan dan pembicara sebagai dosen tamu di beberapa universitas di Amerika.

Pertama, apakah Anda sebagai pemimpin atau pemimpin Anda seorang pendengar yang baik dan tidak berpurapura mendengar? Kedua, apakah sebagai pemimpin Anda mendengar dan melihat apa yang tidak diungkapkan dalam pemaparan anak buah Anda? Karena biasanya tidak diungkapkan semuanya dan sejujurnya karena rasa takut dan sungkan. Ketiga, pemimpin yang baik dapat membaca situasi sebenarnya yang terjadi melalui pembicaraan antara dirinya dengan pengikutnya dan mengambil kesimpulan.

Keempat, Anda sebagai pemimpin harus dapat menyampaikan dengan jelas sampai pengikut Anda mengetahui dan menguasai apa yang ingin disampaikan dan apa yang diharapkan atau diminta dari mereka. Kelima, pengikut mendengarkan, mengerti dan mematuhi jika mereka mengetahui adanya ketulusan dan keterbukaan dari pemimpinnya dan yang lebih penting mereka melihat manfaat dan keuntungan bagi diri mereka.

Keenam , bentuklah tim dan lingkaran dalam dan terdekat yang dapat menjadi perpanjangan tangan dan corong untuk mengomunikasikan apa yang dimaksud dan diinginkan Anda. Ketujuh, seorang pemimpin merupakan sosok panutan, andalan, penyelesai atas masalah yang mereka hadapi. Setidaknya Anda mengindikasikan untuk membantu semampu Anda selaku pemimpin, tidak menolak dan melempar lagi persoalan yang sedang dihadapi pengikut Anda.

Kedelapan, Anda tidak melarikan diri, menghindar dari sebuah pembicaraan yang sulit dan keras dengan menyerahkan kepada orang lain; lingkaran dalam Anda. Kesembilan , Anda memiliki pertimbangan yang objektif, bukan atas dasar suka atau tidak suka terhadap pengikut yang mengungkapkan masalah atau terhadap masalah itu sendiri.

Kesepuluh, Anda berani mengambil keputusan, sekalipun itu dilematis. Kepentingan orang banyak tidak dikorbankan hanya demi menyenangkan seseorang atau pihak tertentu. Mungkin Anda memiliki hal lain yang ingin Anda tambahkan? Silakan. ?

DR Eliezer H Hardjo PhD, CM
Ketua Dewan Juri Rekor Bisnis (ReBi) & The Institute of Certified Professional Managers (ICPM)
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3330 seconds (0.1#10.140)