Koperasi Dapat Wujudkan Swasembada Pangan

Jum'at, 13 Februari 2015 - 00:47 WIB
Koperasi Dapat Wujudkan...
Koperasi Dapat Wujudkan Swasembada Pangan
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga Indonesia mengatakan, Indonesia masih sangat tergantung pada komoditas impor seperti beras, jagung, kedelai, dan gula. Namun, melalui koperasi, target swasembada pangan bisa tercapai.

"‎Pemberdayaan koperasi tersebut bisa dilakukan dengan mengalihkan dana subsidi BBM untuk koperasi. Melalui skema ini, maka koperasi bisa dimaksimalkan untuk mendorong terciptanya swasembada pangan dan mempercepat kesejahteraan penduduk," terangnya dalam seminar Jakarta Food Security Summit-3 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Berdasarkan data, 99% pelaku usaha mikro merupakan UKM perorangan atau di bawah koperasi, sehingga untuk pemerataan kesejahteraan maka perlu diberikan peran yang lebih kepada koperasi.

Menurutnya, ‎realisasi swasembada pangan tersebut bisa memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai target 5,7%. "Koperasi juga bisa memperkecil ketimpangan sosial di masyarakat dan memenuhi rasio gini ‎yang ditargetkan pemerintah 4,0%," tukas Puspayoga.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8505 seconds (0.1#10.140)