Pembebasan Lahan Tol Ciawi-Sukabumi Digenjot

Jum'at, 13 Februari 2015 - 02:31 WIB
Pembebasan Lahan Tol Ciawi-Sukabumi Digenjot
Pembebasan Lahan Tol Ciawi-Sukabumi Digenjot
A A A
JAKARTA - PT MNC Tol Investama melalui anak usahanya, PT Trans Jabar Toll optimistis target pembebasan lahan Tol Ciawi-Sukabumi seksi I Ciawi-Cigombong selesai seiring dimulainya pengerjaan konstruksi. Untuk itu, perusahaan menggenjot proses pembebasan lahan tersebut.

Presiden Direktur Trans Jabar Toll, Dharma Putra mengatakan, hingga saat ini proses pembebasan lahan seksi I Ciawi-Cigombong masih terus berjalan. Pembebasan lahan untuk ruas tol sepanjang 15,3 kilometer (km) telah mencapai 90%.

"Saat ini (pembebasan lahannya) hampir mencapai 90%, sebentar lagi akan selesai 91%. Kami akan terus menggenjot lahan yang belum dibebaskan," ujar Dharma saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (12/2/2015).

Dia menjelaskan, proses pembebasan lahan seutuhnya dilakukan oleh pemerintah. Sementara perseroan hanya akan membantu prosesnya. Dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemegang konsesi tol dan pemerintah untuk mempercepat pembebasan lahan.

"Kalau dulu biasanya dari pemegang konsesi ada land kapping kita talangin. Saat ini 100% pembebasan lahan dilakukan oleh pemerintah karena peraturannya memang seperti itu," terangnya.

Jika sebelumnya pembebasan lahan masih berjalan lambat hanya sebesar 10%, maka saat ini lanjut Dharma, pemegang konsesi baru bisa lebih menjalin kerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi permasalahan dari pembebasan lahan.

"Kita backup supaya membantu prosesnya, apakah kita backup dana untuk talangan. Kita bantu perosesnya. Harus ada orang yang follow up dengan talangan dana, termasuk izin pemerintah terkait pembebasan lahan. Jadi semua pihak harus bisa bekerja sama dengan baik," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4193 seconds (0.1#10.140)