Investasi Masuk Boyolali Capai Rp4,6 Triliun

Kamis, 19 Februari 2015 - 21:55 WIB
Investasi Masuk Boyolali Capai Rp4,6 Triliun
Investasi Masuk Boyolali Capai Rp4,6 Triliun
A A A
BOYOLALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mencatat nilai investasi yang amsuk ke kota itu sekitar Rp4,6 trilun.

Kepala Badan Penanaman Modal Perizinan Terpadu (BPMPT) kabupaten Boyolalo El Rusdijanti mengatakan, nilai investasi yang masuk itu sangat luar biasa.

Menurut dia, para investor mulai menyakini wilayah Boyolali sebagai daerah layak investasi. Adapun investor yang paling banyak masuk ke Boyolali adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil serta pakaian jadi.

"Yang paling banyak itu sektor tekstil, rata-rata mereka pemain besar, salah satu perusahaan besar yang baru buka ada di wilayah Kecamatan Klego," ucapnya, Kamis (19/2/2015).

Rusdijanti menyebut, sebagian besar dari perusahaan yang berinvestasi itu merupakan perusahaan dalam negeri. Nilai total investasinya mencapai lebih dari Rp3,5 triliun, sedangkan sisanya merupakan pemodal asing (PMA).

Dia mengatakan, besarnya investasi yang masuk ke Boyolali dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah lokasi yang cukup strategis di jalur utama Jawa Tengah, sehingga para investor sangat mudah mengirimkan barangnya kepada para konsumen di luar daerah.

Selain itu, juga dipengaruhi oleh mudahnya petizinan yang ada di Boyolali dan banyaknya perusahaan yang digratiskan dalam proses perizinan. Menurutnya pada tahun 2014, 46 perusahaan digratiskan perizinannya dari total 48 perusahaan.

"Ke depannya diperkirakan semakin banyak lagi perusahaan yang berinvestasi dan sekaligus membuka banyak lapangan kerja," tegasnya.

Sementara itu Bupati Boyolali Seno Samodra mengatakan, kendala utama yang saat ini dihadapi investor adalah melonjaknya harga tanah. Menurutnya, harga tanah di Boyolali sangat mudah melambung.

"Kendalanya harga tanahnya sangat tinggi, jadi investor pikir-pikir," tegasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6276 seconds (0.1#10.140)