Industri Komponen di Tegal Minta Pembinaan Kemenperin

Jum'at, 20 Februari 2015 - 10:01 WIB
Industri Komponen di Tegal Minta Pembinaan Kemenperin
Industri Komponen di Tegal Minta Pembinaan Kemenperin
A A A
JAKARTA - Industri komponen automotif di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, minta pembinaan ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin) agar produknya bisa diterima produsen automotif nasional.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tegal Hamami mengatakan, jumlah industri komponen di Tegal banyak namun produknya sulit masuk ke industri automotif nasional. Oleh karena itu, industri komponen ini membutuhkan pembinaan agar kualitasnya sesuai dengan keinginan industri automotif nasional.

Menurut Hamamin, saat ini ada 59 industri komponen automotif di Tegal, namun hanya sekitar 20% yang hasil produksinya diterima ke pabrik-pabrik automotif nasional, seperti ke PT Astra Internasional dan Sumitomo Corporation di Jepang. “Sementara dari permintaan yang ada, seharusnya bisa 60%,” ujarnya di Jakarta, Rabu (18/2).

Di tempat yang sama perwakilan produsen komponen asal Tegal Wasis Surono mengatakan, kualitas produk komponen automotif di Tegal bisa memenuhi standar yang diterapkan industri automotif nasional, namun ada yang belum bisa memenuhi standar Astra.

Berbagai komponen automotif yang sudah diproduksi di Tegal seperti spare part, ban, piston, ring piston, dan velg. “Mereka itu ada pelaku baru, pelaku lama, tapi mau masuk (ke pabrikan automotif) ragu-ragu atau malu, kemudian tidak tahu bagaimana caranya sampai ke pemerintah,” ujar Wasis Surono yang juga menjabat Direktur Utama PT Cipta Andika Sejahtera.

Direktur Industri Alat Transportasi Darat Ditjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kemenperin Soerjono mengatakan, pada dasarnya industri di Tegal ini sudah bisa memproduksi komponen-komponen untuk masuk ke industri automotif. “Mereka sudah memenuhi kriteria untuk masuk sebagai OEM (original equipment manufacturer) kita,” ujarnya.

Oktiani endarwati
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6261 seconds (0.1#10.140)