Keyakinan Konsumen Februari Masih Tinggi

Selasa, 03 Maret 2015 - 18:51 WIB
Keyakinan Konsumen Februari Masih Tinggi
Keyakinan Konsumen Februari Masih Tinggi
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengindikasi keyakinan konsumen masih tinggi pada Februari 2015. Hal ini, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2015 yang tercatat sebesar 120,2.

Direktu‎r Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, berdasarkan komponen pembentuknya, membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan enam bulan sebelumnya yang tercermin dari peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) relatif seimbang dengan melemahnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi enam bulan mendatang yang terindikasi dari penurunan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

"Secara regional, sebanyak 12 kota mengalami penurunan IKK dengan penurunan indeks terbesar terjadi di Makassar dan Padang," kata Tirta di Jakarta, Selasa (3/3/2015).

Sementara itu, peningkatan IKK terjadi pada enam kota lainnya yaitu Samarinda, Bandar Lampung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Palembang.

Berdasarkan survei konsumen BI, persepsi konsumen membaik terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan enam bulan sebelumnya.

Menurut Tirta, pasca mengalami penurunan pada Januari 2015 sebesar 0,5 poin, Indeks Kondisi Ekonomi Februari 2015 kembali meningkat sebesar 0,6 poin menjadi 110,3.

Dia menyebut, kenaikan indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama ditengah penurunan indeks ketersediaan lapangan kerja menjadi penyebab peningkatan IKE pada Februari 2015.

"Penguatan IKE pada Februari 2015 terjadi di lima kota dengan peningkatan indeks tertinggi terjadi di Samarinda dan Surabaya," tutupnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4522 seconds (0.1#10.140)