Jokowi Tekankan Para Menteri Jaga Harga Sembako

Rabu, 04 Maret 2015 - 12:09 WIB
Jokowi Tekankan Para...
Jokowi Tekankan Para Menteri Jaga Harga Sembako
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan agar para menteri terkait dapat memantau dan menjaga harga barang kebutuhan atau sembako dari hari ke hari.

Pasalnya, gejolak kebutuhan pokok nantinya akan menggoyangkan deflasi yang dicapai Indonesia, dan bahkan berpotensi menyebabkan inflasi.

Dia mengatakan, saat ini salah satu barang kebutuhan pokok yang harganya melonjak cukup tinggi adalah beras. Bahkan lonjakannya mencapai 30%.

"Sebetulnya Desember 2014 sudah kelihatan dan bisa diantisipasi, Januari juga bisa dilakukan tindakan-tindakan. Tetapi yang pertama masalah sedikit keterlambatan ditanam atau panennya terlambat," ucapnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Menurut Jokowi, hal tersebut pada akhirnya membuat stok beras menjadi tidak terkendali, dan cenderung melonjakkan harga. Namun, dia percaya Operasi Pasar (OP) dinilai dapat meredam gejolak harga beras tersebut.

"Tetapi kita yakin dengan operasi raskin kemarin, saya harapkan maksimal dua minggu saya yakin akan turun Rp2.000 per kg. Ini pembelajaran kita kalau ada sembako yang naik sedikit tolong dikejar," tandas mantan Gubernur DKI Jakarta ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0542 seconds (0.1#10.140)