Mengubah Masa Depan

Selasa, 10 Maret 2015 - 09:55 WIB
Mengubah Masa Depan
Mengubah Masa Depan
A A A
Ada banyak faktor yang membuat seseorang tidak berhasil memiliki terobosan dalam hidup. Salah satunya adalah terperangkapnya orang tersebut dalam bayangan masa lalu.

If your mind is still trapped within your past, you may not know what the future can offer. Jika pikiran Anda masih terjebak dalam masa lalu, Anda mungkin tidak dapat mengetahui apa yang bisa ditawarkan oleh masa depan kepada Anda. Masa lalu Anda mungkin sulit atau pahit.

Anda mungkin harus melalui kegagalan demi kegagalan, baik itu dalam usaha, pekerjaan, bahkan hubungan Anda. Anda mungkin juga merasa kecewa dan bertanya-tanya dalam diri mengapa banyak hal tak kunjung membaik, seakan segala sesuatu yang terjadi membuat Anda semakin terperosok jauh lebih dalam.

Anda mungkin berada dalam masalah finansial atau berada dalam tekanan persoalan hidup lainnya. Bila Anda sedang berada dalam persoalan tersebut, semoga ungkapan berikut dapat membantu Anda: “Things will get worse before it gets better” .

Segala sesuatu akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik. Ungkapan tersebut ingin memberi motivasi dan harapan kepada kita bahwa kita tidak perlu khawatir karena pada akhirnya situasi akan membaik. Kekhawatiran akan apa yang sudah terjadi hanya akan memperburuk keadaan. Lalu apa yang harus Anda pikirkan atau lakukan untuk membalik keadaan?

#1. You cannot change the past, but you still can change the future. Aturan nomor wahid adalah Anda tidak dapat mengubah masa lalu, tapi Anda masih bisa mengubah masa depan. Berhenti fokus pada apa yang sudah terjadi. Berhenti menyesali atau merasa kecewa dengan peristiwa yang lalu.

Simpan energi Anda karena Anda toh tidak bisa mengubahnya. Namun, Anda perlu ingat bahwa apa yang akan terjadi belum terjadi. Anda masih memiliki kesempatan untuk mengubahnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Seumpama saat ini Anda mengalami kegagalan atau kemunduran dalam usaha Anda, berhenti menyesalinya dan ganti fokus Anda untuk berpikir bagaimana melakukannya lebih baik lagi.

Mungkin sebelumnya Anda terlalu santai dan tidak menaruh segenap hati pada apa yang Anda lakukan. Sekarang saatnya untuk bekerja lebih giat dan mencurahkan perhatian Anda lebih lagi sehingga usaha Anda bisa mengalami turnaround atau perubahan yang signifikan.

#2. Change your attitude, change your life. Aturan nomor dua adalah mengubah sikap Anda maka Anda akan mengubah hidup Anda. Lihat hidup ini dengan senyuman. Buat orang lain tersenyum, niscaya Anda akan menerima kembali senyuman yang membuat Anda semakin bersemangat.

Bergaul dengan orangorang atau teman yang menghargai Anda, yang akan membawa Anda ke atas dan bukan menjatuhkan semangat Anda. Lakukan lebih banyak kebaikan setiap hari untuk siapa pun yang Anda temui. Anda bisa mulai dari hal terkecil sekalipun seperti membantu orang yang ingin menyeberang jalan, mempersilakan orang lain jalan terlebih dulu, mengucapkan selamat pagi kepada satpam, dan sebagainya.

Meski Anda masih memiliki masalah, dengan sikap hidup yang demikian masalah itu tidak cukup kuat untuk mengalahkan Anda. Ingatlah untuk tidak memberikan kesempatan kepada masalah itu berkata bahwa dia lebih besar dari Anda. Dengan mengubah sikap Anda, sesungguhnya Anda sedang berkata kepada masalah tersebut bahwa dia tidak ada apa-apanya untuk Anda.

#3. Keep doing your best and your only best . Aturan yang terakhir adalah tetap melakukan yang terbaik dan hanya yang terbaik yang Anda miliki. Ini berarti Anda menaruh segenap hati dan tenaga untuk mengusahakan yang terbaik. Anda tidak akan menyerah atau berhenti.

Hasilnya tidak selalu instan, namun yakinlah bahwa Anda akan menikmati yang sepadan dengan apa yang Anda lakukan. Good things are worth the wait . Segala yang baik sepadan dengan penantiannya. Seumur hidup kita, kita tidak akan pernah berhenti untuk melakukan yang terbaik. Bukan karena uang, atau posisi, atau penghargaan, namun karena dari dalam diri kita memiliki motivasi dasar untuk menghormati nurani kita dan panggilan untuk melakukan hanya yang terbaik.

Dengan demikian dapat dipastikan hidup kita akan jauh lebih berbahagia dan lebih bermakna baik untuk diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Setiap kesukaran yang kita alami adalah sebuah proses menjadikan kita pribadi yang lebih tangguh dan lebih kuat. Mari menatap masa depan dengan penuh harapan.

Sebarkan antusiasme dan semangat. Hari esok pasti lebih baik dari hari yang lalu. Bangun optimisme, melangkah dengan percaya diri dan terus berkarya melakukan yang terbaik. Salam transformasi!

Men Jung, MM
Author – Go To The Next Level! menjung@gmail.com @menjung
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3749 seconds (0.1#10.140)