IBM Sasar UKM dan Kemitraan Pemerintah

Rabu, 11 Maret 2015 - 09:15 WIB
IBM Sasar UKM dan Kemitraan Pemerintah
IBM Sasar UKM dan Kemitraan Pemerintah
A A A
JAKARTA - IBM Indonesia tahun ini akan fokus pada pengembangan bisnis dengan menggandeng sektor usaha kecil dan menengah (UKM) dan memperkuat kemitraan dengan Pemerintah.

Hal ini dilakukan karena berkembangnya industri Teknologi Informatika (TI) di Tanah Air akhir-akhir ini menuntut para pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuannya di bidang TI. Dengan penguasaan TI, diharapkan pelaku usaha dapat berkompetisi dengan baik di masa mendatang.

“Kita melihat banyak sekali potensi UKM yang menjadi tulang penggerak ekonomi di domestik. Kalau mereka bisa menggunakan teknologi tentu mereka bisa ekspansi. Misalnya, UKM di Jawa Tengah membutuhkan akses internet supaya mereka bisa menjual produknya tidak hanya di Jawa Tengah,” ujar Presiden Direktur IBM Indonesia Gunawan Susanto di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, IBM sebagai perusahaan TI memahami sepenuhnya perkembangan teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini seperti komputasi awan (cloud), Big Data Analytic, Mobile, Social dan Security.

Menurutnya, rangkaian teknologi tersebut merupakan sebuah sistem yang dapat mengubah pengalaman dan nilai ekonomis sebuah perusahaan dan menjadi kunci utama bagi pelaku usaha untuk meraih peluang yang lebih besar.

Melihat potensibesaryangdimiliki UKM dan kemampuan IBM dalam mengakomodasi teknologi tersebut, Gunawan pun yakin perusahaannya bisa bekerja sama dengan pelaku UKM untuk meningkatkan daya saing.

“Mereka (UKM) kalau disuruh pakai sistem TI harus beli perangkatnya akan merepotkan. Kita membantu mereka membuat website, jual produk mereka di website, masukan di cloud, sehingga mereka mengelola sistem mereka tidak hanya menjual tapi juga memulai digital,” jelasnya. Terkait kemitraan dengan Pemerintah, IBM juga akan memberikan masukan kepada Pemerintah untuk dapat meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik.

“Kita melakukan kajian dan penelitian seperti kerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) mengenai pemanfaatan energi. Kita akan lebih proaktif, lebih menjemput bola,” imbuhnya. Country Brand Manager ICS Software IBM Andi Johan mengatakan, IBM saat in itengah mengembangkan aplikasi email untuk bisnis bernama IBM Verse.

“IBM Verse merupakan salah satu produk yang mengintregasikan antara aspek-aspek cloud, big data analytic, mobile, dan social. Kita melihat bahwa perlunya satu platform yang menghubungkan satu sama lain dengan tampilan utama yang sangat sederhana,” ungkapnya.

Oktiani endarwati
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7509 seconds (0.1#10.140)