Ericsson Akuisisi Divisi Telekomunikasi Sunrise Technologies

Rabu, 18 Maret 2015 - 08:44 WIB
Ericsson Akuisisi Divisi Telekomunikasi Sunrise Technologies
Ericsson Akuisisi Divisi Telekomunikasi Sunrise Technologies
A A A
STOCKHOLM - Grup telekomunikasi Swedia, Ericsson, mengakuisisi divisi telekomunikasi perusahaan jasa teknologi informasi China, Sunrise Technologies.

Akuisisi ini berarti Ericsson menambah 1.000 pegawai dalam daftar gaji dalam waktu kurang dari sepekan setelah mengumumkan restrukturi-sasi besar-besaran di Swedia. “Akuisisi bisnis telekomunikasi Sunrise Technologies akan mendorong kemampuan kami melayani transformasi teknologi informasi operator mobile di China,” ungkap Vice President Ericsson Magnus Mandersson, dikutip kantor berita AFP .

“Sebagian besar operator telekomunikasi di China akan segera mengganti sistem teknologi informasi mereka dengan solusi generasi baru,” ujar Mandersson, menyoroti peluang pertumbuhan di pasar telepon mobile terbesar di dunia tersebut. Sebagian besar pegawai yang dipindahkan ke Ericsson itu berbasis di Guangzhou, China selatan.

Pengumuman ini hanya lima hari setelah Ericsson mengumumkan telah merumahkan 2.200 pegawai di Swedia, terutama bagian suplai dan riset serta pengembangan. Langkah restrukturisasi pegawai itu untuk memangkas biaya. Tahun lalu grup itu menyatakan memfokuskan lagi bisnisnya pada perlengkapan dan jaringan telekomunikasi serta meninggalkan modem. Saat ini pegawai Ericsson mencapai hampir 120.000 orang di penjuru dunia, termasuk sekitar 17.000 di Swedia.

Pegawai Ericsson menyebar di lebih dari 180 negara, termasuk Amerika Serikat (AS), China, India, Brasil, Jepang, Afrika Selatan, Australia, Jerman, Italia, Inggris, dan Swedia. November lalu Ericsson menjelaskan bertujuan memangkas biaya tahunan sekitar USD1,05 miliar yang akan sepenuhnya dilakukan pada 2017. Program ini termasuk biaya restrukturisasi pegawai sekitar 3-4 miliar crown selama 2015-2017.

Ericsson menyediakan layanan untuk para operator telekomunikasi dan industri lain, termasuk telekomunikasi tradisional dan peralatan jaringan internet protocol (IP), mobile, fixed broadband, solusi pendukung bisni, televisi kabel, IPTV, sistem video, dan lainnya. Perusahaan ini memiliki pangsa pasar 35% pada 2012 untuk pasar infrastruktur jaringan mobile 2G/3G/4G. Didirikan pada 1876 oleh Lars Magnus Ericsson, perusahaan ini sekarang berkantor pusat di Stockholm, Swedia.

Perusahaan ini sudah memiliki sekitar 35.000 paten hingga 2012, termasuk sebagian besar di bidang komunikasi nirkabel. Lars Magnus Ericsson membangun bisnisnya dengan telepon di usia muda sebagai pembuat peralatan. Dia bekerja untuk perusahaan yang membuat peralatan telegrap untuk badan pemerintah Swedia, Telegrafverket. Pada 1876, di usia 30 tahun, dia mulai membuka toko perbaikan telegrap dengan bantuan temannya, Carl Johan Andersson.

Tokonya itu berada di pusat Stockholm, Nomor 15 di Drottninggatan, pusat perbelanjaan utama. Tokonya juga memperbaiki berbagai telepon buatan asing. Pada 1878, Ericsson mulai membuat dan menjual peralatan teleponnya sendiri. Teleponnya tidak inovatif secara teknis karena sebagian besar penemuan telah ada di AS.

Syarifudin
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4997 seconds (0.1#10.140)