Lahan Bisnis Rumah Seken

Rabu, 18 Maret 2015 - 09:21 WIB
Lahan Bisnis Rumah Seken
Lahan Bisnis Rumah Seken
A A A
Menjual rumah bekas menjadi salah satu sumber investasi yang amat menggiurkan. Apalagi Jakarta pada tahun ini berada di peringkat kedua sebagai kota di Asia Pasifik yang paling prospektif dan terfavorit menurut Urban Land Institut dan Pricewaterhouse Cooper (PwC).

Pencapaian Jakarta sebagai kota paling prospektif dan terfavorit untuk investasi properti pada 2015, selain karena kondisi makroekonomi Indonesia yang dinilai sedang tumbuh pesat, juga karena pertumbuhan aset dalam beberapa tahun belakangan, termasuk penjualan rumah sekennya.

Chief Executive Urban Land Institute Asia Pasifik John Fitzgerald, berdasarkan riset bertajuk Emerging Trends in Real Estate Asia Pacific 2015 itu, mengatakan, Jakarta memiliki keunggulan kompetitif dari sisi harga properti karena masih lebih rendah jika dibandingkan dengan negara Asia Pasifik lain. “Ini berpotensi mendatangkan keuntungan tinggi dari pertumbuhan harga dengan rentang yang lebar,” ujarnya.

Investasi rumah juga tetap saja menggiurkan karena banyaknya fungsi rumah sehingga mutlak setiap keluarga harus memiliki hunian yang layak. Dan, dalam setiap tahun, permintaan akan rumah cenderung selalu mengalami peningkatan. Harga tanah dan rumah juga tidak ada yang mengalami penurunan. Normalnya harga rumah dan tanah akan selalu mengalami peningkatan tajam.

Dan, tak peduli seberapa mahal harga rumah, tetap saja akan ada orang yang tertarik untuk membelinya karena rumah juga merupakan aset yang suatu saat ketika akan dijual, kemungkinannya bakal memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada harga beli awalnya. Oleh karena itu, sangat beralasan jika bidang bisnis properti begitu menjanjikan, termasuk rumah bekas.

Biasanya jual beli rumah bekas lebih diminati banyak orang karena dengan sedikit polesan di sana-sini, Anda dapat menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada harga belinya. Apalagi jika Anda ingin merenovasi rumah bekas tersebut agar terlihat lebih modern dan cantik, maka kemudian Anda akan dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Anda hanya harus pintar untuk memilih desain yang tepat untuk merenovasi rumah bekas yang Anda beli dan pintar melihat peluang pasar soal rumah yang paling banyak diminati. Patut diketahui pula bahwa rumah yang ada di daerah strategis yang dekat dengan area kota akan memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi daripada rumah yang ada di daerah pedesaan dengan akses jalan raya yang jauh.

Anda dapat memulai bisnis dengan membeli rumah yang kira-kira bakal diminati calon pembeli. Jika modal Anda tidak terlalu besar, maka Anda bisa mulai dengan melakukan bisnis properti kecilkecilan dari jual beli rumah bekas yang ada di sekitar Anda. Pintar-pintarlah mengikuti perkembangan tatanan desain rumah yang sedang marak serta digandrungi dan jangan segan untuk berinvestasi dengan cara memperbaiki rumah bekas hingga memiliki tampilan yang lebih cantik dan menjual.

Dalam transaksi jual beli, bagi siapa yang cerdik, dapat memberikan nilai tambah atas barang yang ditawarkan. Karena itu, secara otomatis dia bakal mendapatkan hasil berupa keuntungan. Anda dapat menghitung harga jual kembali rumah yang hendak ditawarkan dari seluruh biaya yang telah Anda keluarkan, berikut biaya pembelian properti rumahnya.

Lalu diambil interval dari harga dasar atau awal ditambah dengan jumlah profit atau keuntungan yang dikehendaki. Hasil yang diperoleh dari pertambahan seluruh biaya dan komponenprofit , maka jadilah harga jual yang dapat Anda tawarkan kepada calon pembeli.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4958 seconds (0.1#10.140)