Kenaikan Harga BBM Hanya Tunggu Pengumuman

Selasa, 24 Maret 2015 - 15:55 WIB
Kenaikan Harga BBM Hanya...
Kenaikan Harga BBM Hanya Tunggu Pengumuman
A A A
JAKARTA - Pemerintah menegaskan, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 1 April 2015 mendatang tinggal diumumkan.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja mengatakan, kenaikan harga BBM hanya menunggu pengumuman. Sementara pemerintah saat ini masih membahas harga yang pantas untuk dikerucutkan.

"Harga BBM tunggulah nanti kita sampaikan. Saat ini, (kenaikan harga) masih di bahas terus, tunggu pengumuman," kata dia ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Menurut dia, indikator kenaikan harga BBM terkait terpuruknya rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (USD). Di samping itu, harga minyak dunia rata-rata naik dibanding Februari.

Pemerintah juga mencermati aspek ekonomi dan politik, setelah itu eksekusi kenaikan harga dikembalikan lagi kepada Menteri ESDM untuk diteruskan kepada Menteri Koordinator Perekonomian dan Presiden Joko Widodo.

"Presiden dan kabinet kapan (eksekusi) atau berani atau tidak, keputusan berada di pimpinan," ujar dia.

Dia menambahkan, usulan kenaikan harga justru dari PT Pertamina (persero). Sementara Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, sebagai pelaksana tugas Pertamina akan mengikuti arahan dari pemerintah.

Hingga saat ini, perusahaan yang ditugasi mendistribusikan BBM terbesar tersebut belum mendapatkan perintah resmi dari pemerintah.

"Kami masih menunggu arahan lebih lenjut dari pemerintah," kata dia.

Menurut Ahmad, kenaikan harga BBM hanya berlaku untuk jenis BBM penugasan atau premium dan BBM bersubsidi atau jenis solar. Sedangkan untuk BBM nonsubsidi setara pertamax belum mengalami kenaikan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0829 seconds (0.1#10.140)