Rumah Bekas Harga Miring

Rabu, 01 April 2015 - 10:22 WIB
Rumah Bekas Harga Miring
Rumah Bekas Harga Miring
A A A
Mendapatkan rumah bekas sesuai dengan idaman kita, gampang-gampang susah. Apalagi selain kondisi rumahnya baik, lokasi strategis, juga bisa Anda dapatkan dengan harga miring. Ini tentu saja impian semua orang, mengingat harga properti sekarang selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian setiap orang. Apalagi kalau rumah tersebut bisa sekalian Anda jadikan investasi. Pasti akan sangat menguntungkan.

Namun, terkadang orang merasa kesulitan untuk mendapatkan rumah dengan harga murah dan kondisinya masih baik, mengingat harga properti dewasa ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Jika harga rumah yang kita beli terlalu tinggi, bisa-bisa tidak menghasilkan keuntungan besar bagi investasi kita, termasuk saat mencari rumah seken. Untuk mendapatkan rumah bekas dengan harga miring, ada sejumlah strategi yang mesti Anda terapkan.

Pertama, beli rumah langsung dari pemilik. Dengan membeli langsung dari pemilik, tanpa perantara, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena pemilik tidak perlu memberikan uang komisi kepada broker atau perantara. Selain itu, Anda bisa mendapatkan detail mengenai segala hal terkait rumah tersebut. Anda juga bisa mencari rumah dari orang yang tengah butuh uang.

Biasanya orang yang butuh uang akan berusaha secepat mungkin menjual rumah yang dimilikinya walaupun harga jualnya jauh di bawah harga pasar. Atau mungkin bisa saja Anda mendekati orang yang sedang butuh uang untuk kita tawar rumahnya dengan cara baik-baik walaupun tidak ada niat dijual. Bisa juga Anda mendapatkan harga murah jika membeli dari orang yang kita kenal dekat atau ada hubungan saudara. Selain itu, beli rumah dari debitur yang memiliki kredit macet. Jika bisa, belilah dari pemilik yang memiliki kredit macet.

Biasanya mereka membutuhkan uang dengan cepat. Anda bisa mengetahuinya dengan cara membangun relasi dekat dengan marketing atau kolektor bank. Jangan lupa, Anda mesti pintar negosiasi. Anda harus pintar-pintar bernegosiasi dan meyakinkan penjual atau pemilik bila ingin mendapatkan rumah dengan harga murah.

Carilah informasi sebanyak mungkin dengan maksud mencari kekurangan dari rumah dan lingkungan sekitar rumah itu sebelum menawarnya sehingga Anda bisa memohon potongan harga dari hal-hal yang negatif tersebut. Anda harus berani menawar dulu dengan harga di bawah harga jual, lalu tunggu reaksi dalam jangka waktu tertentu untuk mengetes konsistensi dan tingkat kebutuhan si penjual rumah.

Atau mungkin Anda tes dengan menelepon sebagai orang lain yang bermaksud tertarik membeli rumah namun dengan harga yang sedikit di bawah sampai sedikit di atas harga yang awalnya Anda ajukan. Bila Anda membeli dari debitur dengan kredit macet, misalnya, lakukanlah negosiasi dengan debitur dan kreditur bank sesuai harga yang Anda inginkan. Yakinkan debitur bahwa harga yang Anda tawarkan menguntungkan debitur.

Selain itu, yakinkan debitur dan kreditur rumah tersebut, Anda beli atau masuk lelang. Debitur dan kreditur tidak menginginkan bila rumah tersebut masuk lelang karena akan lebih menguntungkan bila dibeli daripada dilelang. Anda juga bisa minta pendapat dari ahli properti.

Mintalah bantuan dari penilai properti untuk menentukan harga taksiran rumah yang akan dibeli. Bila selisih hasil penilaian lebih besar daripada sisa utang pokok debitur, maka rumah tersebut bisa dikatakan layak beli.

Rendra hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5959 seconds (0.1#10.140)