Malacca Trust Andalkan Aplikasi Smartphone

Rabu, 22 April 2015 - 11:27 WIB
Malacca Trust Andalkan Aplikasi Smartphone
Malacca Trust Andalkan Aplikasi Smartphone
A A A
JAKARTA - Maraknya aplikasi asuransi berbasis Android dan IOS pada smartphone dan komputer tablet merupakan terobosan baru dari industri asuransi.

Munculnya teknologi tersebut telah memunculkan gairah tersendiri bagi industri asuransi di Indonesia. Ekonom Universitas Indonesia Sulastri Surono mengatakan, harus diakui bahwa inovasi ini merupakan kemajuan bagi industri asuransi agar tidak tertinggal perkembangan teknologi.

Dia juga sependapat bahwa aplikasi tersebut membuat nasabah dimanjakan dengan berbagai kemudahan. ”Aplikasi tersebut juga bisa mendukung pelayanan agar semakin prima. Misalnya saja dari sisi kecepatan, akurasi, dan kenyamanan,” ujar dia Jakarta kemarin.

Meski demikian Sulastri mengingatkan, industri asuransi harus terus meningkatkan sistem proteksi terhadap kemungkinan ancaman dari luar. Ini tak lain karena aplikasi semacam ini rawan penyalahgunaan dan moralhazard dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu aplikasi asuransi yang dikembangkan adalah MalaccaEZ, milik PT Malacca Trust Wuwungan Insurance. Menurut CEO PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Vientje Harijanto, Malacca EZ memang memungkinkan nasabah bisa melakukan klaim dengan sangat mudah dan cepat.

Misalnya, saat terjadi klaim akibat kecelakaan, nasabah cukup mengirim foto bagian mobil yang tertabrak/penyok melalui aplikasi tersebut. ”Malacca call center officer akan menghubungi nasabah yang bersangkutan dan memproses lebih lanjut klaim tersebut,” katanya.

Menurut Vientje, MalaccaEZ dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store & IOS App Store. Aplikasi asuransi kendaraan bermotor tersebut dapat diunduh oleh semua nasabah. Vientje menambahkan, aplikasi tersebut diluncurkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

Melalui MalaccaEZ, nasabah dengan mudah melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan asuransi kendaraan bermotor. Tidak hanya ketika mengajukan klaim, namun juga mulai pembelian polis. Bahkan melalui aplikasi tersebut, nasabah bisa melihat layanan mobil derek, layanan ambulans, pemadam kebakaran, mencari kantor perwakilan Malacca Trust Insurance terdekat, mencari kantor polisi, atau memantau kendaraan yang sedang diperbaiki.

Menurut Vientje, aplikasi ini tidak hanya ditujukan untuk membeli asuransi bagi mobil baru saja, tetapi juga untuk mobil bekas dengan langkah yang sama mudahnya. ”Nasabah tinggal memilih produk yang diinginkan. Apakah comprehensive atau total loss only ,” katanya.

Yanto kusdiantono
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1184 seconds (0.1#10.140)