17 Perusahaan Perikanan Ikut Seafood Expo di Brussels

Rabu, 22 April 2015 - 23:25 WIB
17 Perusahaan Perikanan Ikut Seafood Expo di Brussels
17 Perusahaan Perikanan Ikut Seafood Expo di Brussels
A A A
JAKARTA - Indonesia kembali ikut serta dalam ajang tahunan Seafood Expo Global (SEG) 2015 di Brussels, Belgia. Dalam event tersebut Indonesia bakal membawa 17 perusahaan perikanan.

Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan KKP, Saut P Hutagalung mengatakan, event yang diadakan pada 21-23 April 2015 ini sebagai ‎ajang Indonesia menyuarakan pentingnya keberlanjutan dalam pengelolaan perikanan.

‎"Keamanan pangan dan keberlanjutan perikanan merupakan isu sangat penting dalam pemasaran produk perikanan di tingkat internasional, dan menjadi persyaratan pasar global yang semakin vital," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (22/4/2015).

Menurut Saut, kampanye ini dilakukan untuk menyampaikan komitmen dan langkah-langkah terbaru pemerintah Indonesia kepada dunia dalam mendukung keberlanjutan bisnis perikanan.

Dalam setiap sesi pertemuan dengan importir produk perikanan maupun dengan retail buyer, disampaikan bahwa Indonesia berkomitmen memenuhi persyaratan pasar global produk perikanan yang mencakup aspek mutu, keamanan pangan, dan kelestarian sumber daya perikanan.

"Langkah nyata Indonesia dalam mengkampanyekan keberlanjutan pengelolaan perikanan dilakukan melalui penerbitan kebijakan dalam hal penanggulangan IUU Fishing dan keberlanjutan dalam pengelolaan perikanan," imbuhnya.

"Perang melawan IUU Fishing yang dilakukan pemerintah Indonesia semata-mata bertujuan untuk menjamin keberlanjutan mata pencaharian nelayan dalam menangkap ikan, promosi nelayan, dan bisnis perikanan," terangnya.

Sekadar informasi, SEG merupakan pameran seafood internasional terbesar di dunia yang diikuti sekitar 1.700 peserta dari 75 negara dan dihadiri sekitar 26 ribu pengunjung dari 150 negara.

Adapun 17 perusahaan perikanan Indonesia yang ikut dalam pagelaran tersebut, adalah PT Arafura Prima Indopasifik, PT Awindo International, PT Wirontono Baru, PT Rex Canning, PT Maya Food Industries, PT Intimas Surya, PT Dharma Samudera, PT Fresh On Time, PT Indu Manis, PT Inti Lautan Fajar Abadi, PT Parlevliet Paraba, PT Permata Marindo Jaya, PT Wahyu Perdana Binamulia, CV Prima Indo Tuna, PT Prima Bahari Inti Lestari, PT Bahari Biru Nusantara, PT Kelola Biru Harmoni. Selain perusahaan-perusahaan tersebut, terdapat dua perusahaan yang berpartisipasi secara mandiri, yakni PT Central Proteina Prima (CPP) dan PT Muria Bahari Indonesia.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5024 seconds (0.1#10.140)