Rumah Bekas Harga Pantas

Rabu, 29 April 2015 - 09:51 WIB
Rumah Bekas Harga Pantas
Rumah Bekas Harga Pantas
A A A
Memutuskan untuk membeli rumah, tentu bukan hal yang sepele. Apalagi jika Anda berniat membeli rumah bekas atau seken.

Anda harus siap untuk melakukan survei dan menentukan kriteria rumah yang akan dibeli mulai dari lokasi bangunan, luas tanah, serta bangunan, hingga harga pasaran yang ideal dengan lokasi rumah tersebut. emilih rumah seken atau bekas, bukanlah opsi yang buruk.

Keuntungannya, rumah bekas pakai biasanya telah memiliki lingkungan yang sudah terbentuk dan didukung dengan sarana pendukung yang lengkap. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda membeli rumah baru di kawasan perumahan yang masih perlu menunggu kawasan tersebut berkembang. Agar Anda mendapatkan rumah seken dengan harga pantas, ada sejumlah trik jitu yang patut Anda lakukan.

Pertama, survei rumah yang akan dibeli. Memastikan bahwa rumah yang akan Anda beli memiliki kondisi yang baik dan layak adalah hal yang penting. Setidaknya ada beberapa bagian yang wajib Anda periksa sebelum memutuskan untuk membeli rumah tersebut. Pertama-tama Anda harus cek kualitas kayu-kayu yang dipergunakan seperti pintu, jendela, kusen, dan rangka atap.

Pastikan tidak ada yang dimakan rayap atau sudah mulai lapuk. Jika memungkinkan, Anda harus bisa melihat ke atas plafon dan mengecek kayu di rangka atap, apakah masih bagus atau perlu diganti. Jika perlu diganti, maka Anda harus mencadangkan budget untuk itu. Cek pula kekuatan tembok dan semen pelapisnya.

Jika dipukul ringan saja lapisan semennya berhamburan, maka tembok tersebut dipastikan tidak kuat dan tidak aman. Cek pula kepadatan lantai dan tanah dengan menghentak-hentakkan kaki di lantai untuk melihat, apakah lantainya padat dan ada rongga antara lantai rumah dan tanah. Jika iya, maka Anda juga perlu memperbaikinya dengan segera.

Selanjutnya, Anda juga harus melihat sirkulasi udara dengan memperhitungkan jumlah lubang angin yang ada dan jumlah ruangan. Jika dirasa kurang, maka harus ditambahi. Periksa secara detail agar uang yang Anda keluarkan untuk membeli rumah tersebut benar-benar sebanding dengan apa yang didapat. Bila perlu, Anda dapat mengajak kerabat atau teman Anda yang mengerti bangunan.

Teman Anda tersebut, tentu akan memberi informasi yang akurat dan memberi saran yang diperlukan. Pasalnya, pemilik rumah kadangkadang ingin supaya harga jual bisa setinggi- tingginya. Selain itu, cobalah periksa berapa total luas tanah di rumah tersebut. Anda dapat mencoba mencocokkan dengan yang ada di dalam sertifikat.

Selain itu, pikirkan pula luas tanah yang memungkinkan untuk dikembangkan pada masa yang akan datang seperti membuat kamar tidur baru atau membuat ruang makan. Perhatikan juga luas bangunannya. Luas bangunan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk memeriksa surat kepemilikan rumah. Dan, ini adalah bagian yang paling final, yaitu terkait harga jual. Sebelum Anda memutuskan untuk bernegosiasi dengan pemilik atau penjual rumah, Anda sebaiknya melakukan survei terhadap lingkungan yang ada di sekitar rumah tersebut.

Rendra hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5059 seconds (0.1#10.140)