Pemerintah Kembangkan 34 Sentra IKM

Kamis, 07 Mei 2015 - 09:30 WIB
Pemerintah Kembangkan 34 Sentra IKM
Pemerintah Kembangkan 34 Sentra IKM
A A A
GIANYAR - Kementerian Perindustrian akan mengembangkan 34 sentra industri kecil dan menengah (IKM) di seluruh Indonesia. Langkah tersebut untuk mendukung program pencetakan IKM yang tangguh di Tanah Air.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Euis Saedah menyatakan, dalam kurun waktu lima tahun ke depan pemerintah akan mencetak 20.000 industri kecil dan 4.500 industri menengah. ”Supaya realisasi target ini bisa tercapai, kami merasa perlu untuk membangun sentra industri di masing-masing provinsi,” ucapnya setelah menghadiri hari ulang tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Gianyar, Bali, kemarin.

Sentra IKM tersebut, kata dia, nantinya akan difokuskan untuk mendorong kinerja pengusaha mikro dan menengah dari segi pengolahan bahan baku dan limbah. Selain itu, adanya rencana pengintegrasian ini akan membuat penyebaran kemajuan alat teknologi dan keramahan lingkungan. Untuk tahap awal, akan dilakukan di luar Pulau Jawa. ”Kami juga akan mendahulukan IKM yang komoditasnya penting dan tidak pernah kehilangan konsumennya,” lanjutnya.

Dia mencontohkan, IKM sektor makanan merupakan salah satu segmen yang didahulukan karena dinilai menjadi kebutuhan masyarakat banyak. ”Porsinya sekitar 40% IKM yang ada,” ujar dia. Ketua Dekranas Erni Cahyo Kumolo menambahkan, pihaknya akan bekerja sama dengan Ditjen IKM untuk terus menguatkan sektor usaha mikro dan menengah.

”Visi kami memang meningkatkan daya saing produk Indonesia dengan negara lainnya karena selama ini IKM masih sering mengalami sejumlah hambatan,” jelasnya. Menurutnya, Dekranas akan berperan dalam membantu kinerja para wirausahawan mikro melalui sentra-sentra IKM. Adapun, dukungan yang ditawarkan adalah pengembangan usaha dengan memperbanyak produksi serta tenaga kerja serta perluasan target pasar dari produk tersebut.

Rabia edra
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4707 seconds (0.1#10.140)