IMF Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI, Menkeu: Momentum Pemulihan Masih Sangat Kuat

Selasa, 31 Januari 2023 - 22:26 WIB
Momentum pemulihan ekonomi Indonesia pada tahun ini masih sangat kuat. Ilustrasi Foto/SINDOnews/Yorri Farli
JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) hari ini merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini menjadi 2,9% dari sebelumnya 2,7%. Khusus Indonesia, proyeksinya menurun dari semula 5% menjadi 4,8%.

Terkait hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menerangkan bahwa memang dari sisi ekonomi global, situasi yang tadinya digambarkan sangat berat menjadi sedikit agak ringan seperti yang disampaikan IMF.

"Makanya dari mereka muncul kata-kata 'tidak seburuk seperti dibayangkan'," ujarnya dalam jumpa pers hasil rapat berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) I Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Menurut dia, hal itu karena kondisi ekonomi Amerika Serikat (AS) dan Eropa menunjukkan sinyal membaik dan China yang meninggalkan strict lockdown dari COVID-19. Kondisi ini kemudian memberikan harapan pertumbuhan ekonomi dunia 2023 akan sedikit lebih baik.

"Tidak ekstrem baik, karena masih di bawah tahun 2021. Ini akan menimbulkan dampak ke kita, di satu sisi (pertumbuhan ekonomi) Indonesia estimasi 2023 versi IMF di 4,8%, dan di beberapa lembaga internasional 4,7-5,3%," jelas Menkeu.



Dia menilai bahwa momentum pemulihan ekonomi Indonesia pada tahun ini masih sangat kuat. Untuk kuartal IV/2022 diperkirakan berada di atas 5%, dengan total keseluruhan pertumbuhan 2022 di kisaran 5,2-5,3%.

"Triwulan (kuartal) I tahun ini kita perkirakan dengan penghapusan PPKM, maka mobilitas masyarakat dimana-mana sudah luar biasa, ini lebih tinggi lagi dari triwulan IV/2022 karena di akhir tahun kemarin memang ada Natal dan liburan akhir tahun. Ini berlanjut dan lebih kuat lagi," urainya.



Menkeu optimistis bahwa ekonomi kuartal I/2023 akan lebih kuat dari kuartal I/2022 karena di awal 2022 varian Omicron muncul. Momentumnya pada tahun ini menguat mengingat adanya momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More