5 Fakta Menarik Tol Cisumdawu: Belum Pakai Modal Uang Bank hingga Siap Mendukung Mudik Lebaran 2023

Senin, 17 April 2023 - 17:27 WIB
Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) di Jawa Barat akan turut mendukung arus mudik Lebaran 2023. Foto DOK ist
JAKARTA - Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) di Jawa Barat akan turut mendukung arus mudik Lebaran 2023 . Meski belum beroperasi secara keseluruhan, namun tetap saja bisa berkontribusi untuk memperlancar arus kendaraan mudik.

Melihat riwayatnya, tol Cisumdawu memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya. Sempat terhambat oleh banyak masalah yang menimpa, pada akhirnya jalan tol tersebut telah bisa beroperasi untuk saat ini.

Di samping itu, terdapat beberapa fakta menarik dari tol Cisumdawu. Tak hanya dari proses pengerjaannya, namun juga terkait hal lain seperti keindahan visual yang dimiliki. Berikut di antaranya.



Fakta Menarik Tol Cisumdawu

1. Belum Pernah Pakai Uang Negara

Jusuf Hamka selaku Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebelumnya menyampaikan bahwa pendanaan proyek jalan tol Cisumdawu belum pernah menggunakan uang negara atau pinjaman bank.



Hal ini disampaikan melalui salah satu unggahan di akun Instagram @jusufhamka beberapa waktu lalu.

"Kepada Bapak Muhajir, Bapak Basuki dan Budi Karya, kami jelaskan bahwa saat ini perusahaan kami/PT CKJT belum menggunakan uang Bank. Walaupun kami sudah mendapatkan fasilitas kredit pada tanggal 28 Desember 2022 dari BSI dan PT SMI sejumlah Rp5,5 triliun. Alhamdulillah sampai saat ini tanggal 11 April 2023, kredit tersebut belum kami gunakan serupiahpun," tulisnya dalam unggahan Instagram, dikutip Senin (17/4/2023).

Meski demikian, Jusuf Hamka juga menyebut bahwa nantinya apabila Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 sudah selesai secara keseluruhan, barulah fasilitasnya akan menggunakan dana yang sudah dipersiapkan tersebut.

2. Salah Satu Tol Terindah di Tanah Air

Salah satu hal menarik dari tol Cisumdawu terletak pada tampilannya. Dalam hal ini, tol tersebut menyuguhkan pemandangan yang indah dengan dominasi pegunungan di sekitarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More