Beras Premium Lebih Baik dari Beras Medium, Mengapa?

Rabu, 19 Juli 2023 - 10:06 WIB
Bagi sebagian orang ada juga yang masih belum mengetahui perbedaan antara beras premium dan beras medium. Seperti apa perbedaan beras premium dan medium?. Foto/Dok
JAKARTA - Nasi telah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia sejak dahulu. Karenanya, tak heran jika terdapat berbagai macam jenis beras yang beredar di pasaran. Harganya pun juga berbeda, sesuai dengan kualitas yang dimiliki.



Umumnya, orang akan memperhatikan penampilan serta karakteristik beras sebelum membelinya. Namun, bagi sebagian orang ada juga yang masih belum mengetahui perbedaan antara beras premium dan beras medium.



Seperti apa perbedaan beras premium dan medium?



Mengutip laman resmi Kementerian Pertanian ( Kementan ), perbedaan utama beras premium dan medium ada pada kualitas tampilan beras (utuh dan patah), derajat sosoh, serta kebersihan beras dari benda asing lainnya.

5 hal utama yang dapat membantu Anda membedakan beras premium dan medium

1. Tingkat kepatahan butiran beras

Berdasarkan laman Kementan, beras dengan persentase beras kepala (butir hampir utuh hingga utuh) >95% dan derajat sosoh 100% kita sebut beras premium, sedangkan beras dengan persentase beras kepala <95% kita sebut beras medium. Jadi, perhatikan dengan seksama ketika Anda hendak membeli beras ya!

2. Segi warna

Selanjutnya, hal kasat mata yang dapat Anda lihat ketika hendak membeli beras adalah membedakan warna beras. Karena, beras premium dan medium memiliki warna yang berbeda.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More